Cara Cepat Kerjakan Soal TKP CPNS Bagian Jejaring Kerja

Sebagaimana kita tahu bahwa nilai pada bagian soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 naik sekitar 11 poin. Dari mulanya 155 poin sekarang kita harus mendapatkan nilai 166 poin untuk bisa lulus pada bagian TKP. Selain itu, jumlah soalnya juga bertambah menjadi 45 butir soal.

Dengan total soal 110 butir dan waktu pengerjaan 100 menit, bisa kita hitung paling tidak 1 soal membutuhkan waktu kurang dari 60 detik atau 1 menit. Untuk mempersingkat waktu pengerjaan kamu di bagian TKP khususnya jejaring kerja, berikut sedikit tipsnya:

1. Kamu bisa memilih opsi jawaban yang menggambarkan sikap suka atau saling bekerjasama atau berkolaborasi dan membina hubungan dengan rekan atau jejaring kerja.

2. Selain memilih sikap saling bekerjasama, selanjutnya kamu bisa memilih opsi jawaban yang menggambarkan bekerja secara profesional.

3. Pilih pilihan yang tidak menggambarkan diskriminatif. Sering kali ada opsi jawaban jebakan yang mengandung deskriminatif, kamu harus teliti dan berhati-hati ya.

4. Integritas adalah kata-kata yang familiar bukan? Jika ada pilihan yang mengindikasikan integritas tinggi, jangan ragu-ragu untuk memilihnya. Karena tujuan dari soal itu menilai tingkat integritas atau kejujuran kamu.

5. Tidak hanya integritas saja, kamu juga harus memilih pilihan yang menggambarkan tindakan bertanggung jawab.

6. Pilih opsi jawaban yang mengandung win-win solution atau tidak ada pihak yang dirugikan. Hal ini perlu diingat karena terkadang kita terjebak dengan pernyataan yang hanya menguntungan diri kita sendiri. Padahal jika kamu memilih itu poin kamu akan rendah.

7. Pilih opsi jawaban atau pernyataan yang mengandung solusi. Untuk pekerjaan apapun, lembaga pemerintah maupun swasta kita dituntut untuk harus memiliki jiwa problem solving. Nah, pada bagian inilah kita harus menunjukkan bahwa kita seorang problem solver dengan memilih opsi jawaban yang mengandung solusi.

8. Last but not least, sebaiknya kamu memilih opsi jawaban yang mengindikasikan bekerja sesuai dengan kompetensi atau keahlian yang ada pada dirimu.

Dari beberapa tips di atas, tentu saja tidak bisa menjamin kamu mendapatkan nilai yang tinggi pada bagian TKP jejaring kerja, namun bisa mempersingkat waktu scanning and skimming kamu. Hal yang paling penting adalah kamu harus mengerti kata kunci pada setiap pilihan yang disediakan. Semoga tips di atas bisa sedikit membantu kamu ya pejuang NIP, semangat!

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.