Calon Mahasiswa Harus Tahu Jenis Pendidikan dan Perguruan Tinggi di Indonesia!

Pendidikan tinggi dan perguruan tinggi sejatinya adalah sesuatu yang berbeda. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa Pendidikan tinggi dibagi menjadi tiga. Yaitu, Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi dan Pendidikan Profesi.

Pendidikan Akademik adalah pendidikan tinggi mencakup program pendidikan sarjana, magister, dan doktor. Sementara Pendidikan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, seperti Diploma dan akan mendapatkan gelar vokasi. Sedangkan Pendidikan Profesi adalah pendidikan setelah program sarjana, yang mengarahkan pada pekerjaan setelahnya. Kemudian lulusannya akan mendapatkan gelar Profesi.

Lalu bagaimana dengan Perguruan Tinggi? Perguruan tinggi di Indonesia terdapat 5 bagian yang cukup sangat berbeda. Diantaranya,

  1. Universitas
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas adalah Pendidikan tinggi yang meluluskan mahasiswanya dengan memberikan gelar akademik untuk masing-masing bidang. Gelar yang diberikan berupa Sarjana, Magister dan Profesi. Namun biasanya universitas memberikan disiplin ilmu tertentu kepada mahasiswa, dosen dan tenaga kerjanya. Misalnya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Indonesia dan lain-lain.

  1. Institut

Institut adalah Pendidikan tinggi yang berasal dari satu jenis keilmuan. Hal inilah yang membedakan Universitas dan Institut. Biasanya Institut berfokus pada satu bidang akademik. Seperti akademik seni, vokasi, teknologi dan lain-lain. Misalnya Institut Tekhnologi Bandung, Institut Seni Indonesia dan lain—lain.

  1. Politeknik

Politeknik adalah Pendidikan tinggi yang hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi. Politeknik memiliki tujuan untuk menyiapkan siswanya menjadi alumni yang memiliki keahlian. Dimana nantinya ketika menyelesaikan studi dapat langsung mempraktikkan keahliannya. Keahlian tersebut diharapkan siap dalam bidang teknologi, ekonomi atau yang lain sebagainya. Misalnya Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan lain-lain.

  1. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi adalah Pendidikan tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sekolah tinggi mirip dengan Universitas dan Institut. Hanya saja Sekolah Tinggi terdiri dari satu fakultas, yang kemudian terbagi dalam berbagai jurusan. Misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan lain-lain.

  1. Akademika

Akademika adalah Pendidikan tinggu yang menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dalam bidang Pendidikan Vokasi. Akan tetapi hanya Pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu saja. Misalnya hanya ilmu pengetahuan vokasi, ilmu teknologi dan lain-lain.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.