Besok, Batas Akhir Pendaftaran Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka

Besok, Sabtu 31 Juli 2021 menjadi batas akhir pendaftran program Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. Dua program tersebut adalah program rancangan di dalam Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Dalam program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Sedangkan, Studi Independen Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dan industri.

Adapun timeline yang perlu diperhatikan dalam perdaftran kedua program ini adalah sebagai berikut;

  1. Pendaftran Program: 10 Juni – 31 Juli 2021
  2. Mitra melakukan rekrutmen partisipan kegiatan: 16 Juni – 31 Juli 2021
  3. Program Magang dan Studi Independen berlangsung: Agustus 2021 – Januari 2022

Sudah ada lebih dari 300 perusahaan yang sudah bergabung dalam program ini, hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam, dalam acara Live Instagram yang diselenggarakan pada Minggu (13/06/2021).

“Harapannya kedua program ini dapat memberikan pengalaman dan bekal kepada para mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja dan juga sebagai pintu awal membagun karir mereka,” ungkap Nizam.

Jika kamu tertarik untuk mendaftarakan diri di dalam program tersebut silahkan akses laman resmi pendaftaran berikut https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

 

Penulis              : Alimah Nur Kasanah

Editor.               : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.