Berorganisasi di Masa Perkuliahan Itu Seru

Kalian perah dengar kan dengan istilah mahasiswa yang kesehariannya kuliah rapat-kuliah rapat (kura-kura) dan mahasiswa kuliah pulang-kuliah pulang (kupu-kupu). Mahasiswa kura-kura adalah mahasiswa yang sibuk mengikuti kegiatan selepas masa kuliah selesai, sedangkan mahasiswa kupu-kupu adalah mahasiswa yang memilih pulang setelah masa kuliah selesai. Menjadi mahasiswa kura-kura tentunya memiliki banyak kelebihan. Ada banyak manfaat organisasi bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan lebih baik.

1. Membentuk Pola Fikir

Dengan mengikuti organisasi kalian akan terbiasa untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada, dan juga berfikir untuk mencari jalan keluar dan solusi dari permasalahan yang ada. Selain itu jika kalian mengikuti organisasi, kalian akan memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan organisasi sehingga mampu memberikan keputusan yang terbaik.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dalam organisasi tentunya terdapat berbagai macam latar belakang, karakter, tipe, dan kepribadian. Organisasi membuat kalian menjadi lebih percaya diri dengan cara sering bergaul dan bersosialisasi dengan beragam orang di dalamnya. Semakin kita mengenal karakter orang yang ada di dalam organisasi maka kita akan semakin percaya diri ketika berbicara dengan lawan bicara yang beragam.

3. Belajar Ilmu Kepemimpinan

Organisisasi juga membentuk kalian untuk menjadi seorang pemimpin. Minimalnya kalian bisa memimpin di bidang kalian masing-masing dalam organisasi. Yang mana ilmu leadership sangat bermanfaat bagi pribadi kalian masing-masing. Ilmu kepemimpinan ini bisa didapatkan salah satunya dengan cara berorganisasi.

4. Menambah Jaringan dan Relasi

Dalam berorganisasi juga dapat menambah jaringan dan relasi kalian. Dari organisasi yang kalian ikuti tentunya bisa membuat kalian kenal dengan organisasi lainnya. Selain itu kalian juga bisa mendapat relasi untuk ke perusahaan yang pernah kalian hubungi melalui organisasi.

Maka dari itu banyak manfaat yang sebenarnya bisa kalian dapatkan dari berorganisasi.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.