Berkenalan Dengan Thammasat University, Mitra UMY dari Negeri Gajah Putih

 

Syarat utama menjadi universitas bertaraf Internasional adalah memiliki jaringan yang kuat baik itu di dalam maupun di luar negeri. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai salah satu universitas dengan orientasi internasional menyadari akan hal tersebut. Oleh karenanya, UMY mengadakan kerja sama dalam bentuk mitra dengan beberapa universitas di luar negeri seperti Thammasat University, Universiti Malaya, Yamagata University, Sias International University, dan beberapa universitas lain yang tersebar hampir diseluruh penjuru dunia.

Di artikel ini kita akan membahas tentang Thammasat University, mitra UMY dari negara yang mendapat julukan negeri gajah putih, Thailand. Lebih jauh, Thammasat University adalah universitas millik publik di Thailand. Thammasat memiliki dua kampus di Kawasan Metropolitan Bangkok, Tha Phra Chan dan Rangsit. Selain itu, ada empat kampus regional yang terletak di Lampang, Pattaya, Udon Thani, dan Narathiwat. Sebagai universitas tertua kedua di Thailand, Thammasat University resmi didirikan menjadi universitas nasional Thailand pada 27 Juni 1934. Dilansir dari Wikipedia, pada 2019 Thammasat University memiliki lebih dari 33.000 mahasiswa terdaftar di 33 fakultas, perguruan tinggi, dan institute.

Dari segi penghargaan dan pengakuan internasional, Thammasat menerima peringkat ke-2 sebagai universitas dengan nilai kompetitif tertinggi di Thailand menurut sistem penerimaan pusat universitas Thailand. Lalu pada tahun 2019 Thammasat University mendapatkan peringkat ke-108 di zona universitas Asia. Sedangkan pada penghargaan QS Graduate Employability Rankings 2019 Thammasat dinobatkan sebagai universitas kedua di Thailand dan nomor 200–250 di dunia.

Dalam website resminya, tercantum filosofi dari lambang Thammasat University. Ada tiga bagian penting yakni Roda Dharma, pohon api, serta warna merah dan kuning. Roda Dharma dalam lambangnya berarti lembaga ini bertahan dalam doktrin Buddhist sebagai prinsip dan praktik panduan utamanya. Sejalan dengan Roda Dharma, warna merah yang kaya mewakili darah dan kuning mewakili dharma di dalam hati. Lalu, lambang pohon api merupakan penggambaran dari tanggal 9 Februari 1963 dimana HM Raja Bhumibol menanam 5 “pohon api” di depan auditorium utama Thammasat University sesuai dengan yang diminta oleh Wittaya Sukdamrong, seorang mahasiswa pada saat itu.

Itulah keunikan dan fakta seputar Thammasat University. Apakah kalian tertarik untuk melakukan studi disana? Segera persiapkan dirimu ya!

 

Source: Wikipedia, tu.ac.th

Penulis: Sibakhul Milad Malik H

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.