Berkenalan dengan Duo Lingo, Aplikasi Belajar Bahasa Asing Fleksibel dan Kekinian

Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini menuntut semua pihak termasuk mahasiswa untuk menjadi pribadi yang berorientasi global. Globalisasi membuat kita semakin dekat dengan orang meskipun berada dalam belahan dunia yang berbeda. Bahkan saat ini kita bisa berkirim pesan dengan mudah hanya dengan duduk manis di rumah. Namun, proses tersebut juga memberikan tuntutan kepada kita untuk semakin cakap dalam hal berkomunikasi. Bahasa menjadi hal fundamental ketika berkomunikasi. Oleh karena itu, kita wajib mengasahnya dari waktu ke waktu.

Lebih jauh, teknologi juga memberikan kemudahan belajar bahasa yakni dengan kemunculan platform bahasa dan aplikasi belajar bahasa asing, salah satunya adalah Duo Lingo. Dilansir dari Wikipedia, pada November 2016, aplikasi ini menyediakan 66 kursus bahasa yang berbeda yang tersedia dalam 23 bahasa; dengan 22 kursus lagi yang masih dikembangkan. Sekitar 120 juta pengguna dari seluruh dunia sudah mendaftar pada aplikasi ini.

Duo Lingo menjadi salah satu aplikasi dan platform untuk belajar bahasa asing dengan berbagai kelebihan yang ada didalamnya. Jumlah bahasa yang diajarkan dalam Duo Lingo membuat belajar bahasa menjadi semakin beragam. Tidak hanya itu, para pemelajar juga diberikan keleluasaaan belajar bahasa dengan target yang mereka ciptakan sendiri. Misalkan, dalam satu minggu seseorang ingin bisa meminta bantuan dalam bahasa Cina, maka dalam seminggu materi dalam Duo Lingo akan berisi mengenai hal tersebut.

Dalam sisi penyampaian materi, Duo Lingo memiliki beberapa variasi yang membuat para pemelajarnya tidak mudah bosan antara lain games, quiz, dan latihan soal yang bisa dikerjakan. Materinya tak melulu dalam bentuk teks, namun juga audio dan visual yang dikemas hampir seperti game yang terasa playful. Layanan ini juga tak hanya fokus pada penerjemahan kata, namun juga ilmu tata bahasa yang dijelaskan di akhir materi.

Bagaimana dengan kenyamanan para penggunanya? Duo Lingo menjamin kenyamanan dan keamanan para penggunanya dengan menjaga Duo Lingo bersih dari konten SARA, pornografi, dan hal yang bisa memicu keributan. Dalam guidelines yang disediakan Duo Lingo, mereka nyatakan bahwa aplikasi ini merupakan tempat belajar yang aman untuk segala latar belakang. Konten yang sifatnya melecehkan dan menghina tidak akan ditoleransi. Hal tersebut tentu membuat para penggunanya tidak perlu khawatir mengenai kenyamanan dan keamanan di Duo Lingo.

Jika sudah demikian, apakah kalian sudah siap menjadi mahasiswa yang siap untuk go global? Yuk, persiapkan skill komunikasi dan bahasa kalian dengan belajar bahasa asing. Sekarang persaingan tidak hanya lingkup dalam negeri, namun luar negeri! Semangat mahasiswa Indonesia!

 

Source: Wikipedia.id, id.duolingo.com, ussfeed.com

Jurnalis: Sibakhul Milad Malik

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.