Berbagai Program Fellowship dari AMINEF

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) memang terkenal karena beasiswa fully funded fulbright yang mereka tawarkan, beasiswa yang sudah mencetak ribuan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia ini selalu menjadi salah satu beasiswa incaran para mahasiswa-mahasiswi Indonesia. Namun selain dari beasiswa Fulbright yang merupakan beasiswa studi S2 dan S3, AMINEF memiliki program lainnya yaitu program fellowship, yang di dalamnya terdapat banyak sekali program non-gelar dengan durasi yang terhitung pendek. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas beberapa program fellowship yang ditawarkan AMINEF kepada para penerima dari Indonesia.

1. Fulbright Foreign Language Teaching Assistant (FLTA)

Beasiswa selanjutnya adalah beasiswa non-gelar dimana para penerima harus merupakan guru Bahasa Inggris atau guru Bahasa Indonesia yang nantinya akan mengajar selama satu tahun akademik di salah satu universitas di Amerika Serikat. Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan kepada para penerima untuk mengembangkan bakat mengajar, mengasah kemampuan Bahasa Inggris, menambah ilmu, dan pengalaman karena dengan hidup di Amerika Serikat selama satu tahun akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal dan budaya baru. Secara umum, para penerima program ini akan mengajar hingga 20 jam perminggu, setidaknya di dua universitas di Amerika Serikat. Program ini terbuka bagi kamu yang sudah menyelesaikan S1 maupun S2.

2. Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals

Program fellowship selanjutnya dari AMINEF ini mungkin terdengar tidak terlalu familiar di telinga para mahasiswa Indonesia, namun program yang tergolong non-gelar ini patut dicoba karena banyak sekali manfaat yang akan diterima oleh para grants jika berhasil mengikuti Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals ini. Program ini merupakan program yang dirancang untuk para profesional, mereka nantinya akan berpartisipasi dalam penggabungan kuliah akademik tingkat pascasarjana dengan pengembangan profesional di Amerika Serikat berdurasi satu tahun akademik. Para pendaftar yang tertarik harus memiliki pengalam profesional minimal selama lima tahun, baik dari sektor publik maupun swasta.

Berikut beberapa contoh disiplin ilmu yang diprioritaskan oleh AMINEF:

– Jurnalistik

– Pembangunan Ekonomi

– Pertanian

– Mengajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing

– Dll.

Selain dari beberapa bidang di atas, masih banyak bidang profesional lainnya yang juga termasuk dalam kategori dari Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals ini, untuk informasi lengkap mengenai proses seleksi dan pendaftaran, kamu bisa mengunjungi langsung official website AMINEF di aminef.or.id

3. Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI)

Program dari AMINEF selanjutnya adalah Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI), dimana sasaran utama dari program ini adalah tenaga pendidik, baik tenaga pendidik dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun guru Sekolah Menengah Atas (SMA). Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI) adalah program dimana seluruh tenaga pendidik dari 18 negara akan mempunyai kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan mereka di Amerika Serikat.

Program non-gelar ini akan memberikan kesempatan para penerima untuk menjadi bagian dari komunitas-komunitas yang ada di universitas di Amerika Serikat, kesempatan untuk merasakan co-teach bersama dengan guru-guru di Amerika Serikat, dan berpartisipasi dalam seluruh kegiatan. Setelah menyelesaikan program dengan sukses, AMINEF akan memfasilitasi para penerima agar bisa mempersiapkan materi mengajar, pelatihan kepada tenaga pendidik lain di Indonesia, dan menyelenggarakan acara-acara lainnya yang akan memberikan manfaat kepada tenaga pendidik di sekitar para penerima program ini.

4. Community College Initiative Program

Program selanjutnya yang difasilitasi oleh AMINEF adalah Community College Initiative Program atau CCI. Program CCI sendiri merupakan program yang tergolong akademik non-gelar dimana nanti semua penerima program akan diberikan kesempatan untuk belajar selama satu tahun di salah satu Community College di Amerika Serikat dengan tujuan membentuk kemampuan kepemimpinan, kemampuan teknis, memperkuat kemampuan Bahasa Inggris, dan mendapatkan ilmu-ilmu baru lainnya. Ketika berhasil menyelesaikan durasi program selama satu tahun, penerima program ini nantinya diharapkan bisa kembali ke negara asal dan berkontribusi pada negaranya. Jika kamu merasa kurang percaya diri mengenai kemampuan bahasa kamu, program ini mungkin bisa menjadi opsi terbaik karena mematok nilai minimal TOEFL yang tidak terlalu tinggi, yaitu 480 saja.

5. Global Undergraduate Exchange Program

Program fellowship AMINEF yang terakhir dan merupakan salah satu program AMINEF yang sangat populer adalah Global Undergraduate Exchange Program atau biasa disingkat UGRAD. Secara singkat program ini adalah program pertukaran mahasiswa, dimana para para mahasiswa di Indonesia akan diseleksi, kemudian menjadi bagian dari UGRAD dan berangkat ke Amerika Serikat untuk menjalani studi selama kurang lebih satu semester di universitas yang ada di Amerika Serikat, program ini terbuka baik bagi kamu mahasiswa S1 maupun mahasiswa D3.

Itulah program-program fellowship yang ditawarkan oleh American Indonesia Exchange Foundation, jika memiliki kompetensi yang cukup menjadi salah satu penerima program di atas, kamu bisa mendaftar baik secara langsung di kantor AMINEF yang berada di Jakarta, atau mendaftar secara online, dengan mengirimkan berkas melalui situs AMINEF.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.