Beragam Tipe “Anggota Kelompok” Dalam Dunia Tugas Perkuliahan

Mendapatkan tugas saat mengikuti perkuliahan sudah pasti memberi warna. Bahkan tak jarang warna itu menciptakan berbagai perasaan. Entah rasa kesal, senang atau bisa jadi marah. Kamu tentu tahu rasanya ketika teman-teman satu kelompok sulit diandalkan, sampai akhirnya kamu terpaksa bekerja sendiri. Menjalani kuliah pun jadi tidak semangat dan sering terbebani. Nah, berikut tipe-tipe anggota kelompok dalam dunia tugas perkuliahan :

1. Tipe Ambis

Mereka adalah tipe yang paling semangat dalam kelompok. Tipe yang sekaligus menjadi konseptor dalam mengerjakan tugas. Diantaranya pembagian tugas, isi materi hingga waktu pengerjaan tugas. Tipe ini juga adalah mereka yang aktif di dalam grup, termasuk fast respon dalam menjawab chat. Bahkan tak jarang mereka yang masuk kategori tipe ambis termasuk mahasiswa aktif di dalam kelas.

2. Tipe Manutan

Tipe manutan adalah mereka yang pasrah, mengikuti alur dan golput. Mereka yang aktif di grup akan tetapi tidak memberikan kontribusi dalam memberi ide atau keputusan. Misalnya, ketika akan membahas pembagian tugas, jadwal pengerjaan dan materi, tipe manutan biasanya hanya memberikan respon “Manut”, “Ngikut”, “Terserah aja kalo aku”. Mungkin tipe ini bisa disebut tipe tidak punya pendirian.

3. Tipe Silent Reader

Membuka grup tugas, membaca isi percakapan grup dan memahami pembicaraan grup. Akan tetapi tidak memberi respon apa-apa, mudahnya mereka hanya muncul memberi respon saat memilih pembagian tugas. Apabila sampai d itahap pembahasan materi dan janji temu mereka cenderung menjadi silent reader.

4. Tipe Ghosting

Ghosting biasa disebut dalam sistem hubungan. Tapi siapa sangka Ghosting juga berlaku dalam dunia tugas-menugas. Tipe ini adalah mereka yang tak pernah memberikan kontribusi apapun. Tidak pernah aktif di dalam grup tugas, slow respon, tidak memberi kontribusi apapun dalam pengerjaan tugas. Tipe ini juga bisa disebut mereka yang hanya sekedar numpang nama dalam grup tugas kelompok.

Nah, sepanjang masa kuliah pasti kamu sudah pernah mendapatkan tugas kelompok bukan? Jadi bagaimana pendapat kamu, masuk dalam kategori tipe apakah kamu?\

 

Penulis : Gina Fauziyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.