Bedah Kampus Leiden University, Almamater King William Alexander of the Netherlands

Dokumen milik akun Instagram @universiteitleiden

Belanda merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia, negara kincir angin ini dipenuhi oleh banyak sekali universitas terbaik dunia seperti University of Amsterdam, Delft University of Technology, dan banyak universitas lainnya. Salah satu universitas bergengsi yang patut dipertimbangkan adalah Leiden University. Universitas yang terletak di kota Leiden ini menempati posisi empat untuk universitas terbaik di seluruh Belanda versi QS World University Ranking 2022.

 

Universitas Para Tokoh Penting Dunia

Universitas ini merupakan almamater dari banyak sekali tokoh penting di dunia, banyak sekali bangsawan, politisi, dan tokoh penting di dunia yang menamatkan studinya di universitas dengan moto Libertatis Praesidium ini. Diantaranya ialah mantan ratu Belanda, Beatrix of the Netherlands, penerus Beatrix yang sekarang merupakan raja Belanda, King William Alexander of the Netherlands, bahkan beberapa tokoh penting dari Indonesia seperti revolusioner Indonesia, Sutan Sjahrir, dan bangsawan dari Indonesia yaitu Hamengkubuwono IX. Deretan nama-nama ini hanyalah sebagian kecil tokoh dunia yang merupakan lulusan University of Leiden.

 

Terletak di Kota yang Asri dan Indah

Sumber: https://www.visitleiden.nl/en

Leiden University tentu saja terletak di kota Leiden yang berlokasi di tengah dua kota besar yakni kota Den Haag dan Amsterdam. Kota ini disebut-sebut memiliki lingkungan yang sangat cocok bagi mahasiswa untuk menuntut ilmu sehingga sangat terkenal dengan sebutan student city. Lingkungan yang ditawarkan pun sangat nyaman bagi para mahasiswa karena kota ini tidak seramai hiruk pikuk perkotaan besar seperti Den Haag atau Amsterdam, namun ketika libur atau akhir pekan, kamu bisa dengan mudah mengunjungi kota-kota  besar tersebut karena berjarak tidak jauh dari Leiden.

Alasan lainnya yang akan membuat kamu makin jatuh cinta dengan lokasi Leiden University adalah karena terletak di kota dengan pemandangan yang sangat indah, Leiden sendiri memiliki banyak kanal cantik yang tersebar di seluruh kota dan juga dipenuhi oleh gedung-gedung yang menggambar kebudayaan Eropa kental, hal ini akan membuat kamu semakin betah dan nyaman untuk melanjutkan studi disana.

 

Dipenuhi Mahasiswa Internasional

Walaupun bahasa utama Belanda bukanlah bahasa Inggris, jangan khawatir karena Leiden University menyediakan dan memfasilitasi kegiatan akademik dengan menggunakan bahasa Inggris untuk membantu para mahasiswa internasional, bahkan Universitas ini menyediakan banyak program Internasional dimana seluruh kegiatan akademik menggunakan bahasa Inggris. Leiden University sendiri merupakan salah satu langganan Universitas favorit para mahasiswa internasional termasuk yang berasal dari Indonesia, dilansir dari website Schoters, tercatat sebanyak 23 ribu mahasiswa memilih kampus ini sebagai tujuan studi mereka.

 

Menyediakan Banyak Beasiswa

Ketika memutuskan untuk menjadi mahasiswa Leiden University, banyak sekali program beasiswa yang bisa dicoba, beberapa diantaranya adalah beasiswa penuh dari LPDP atau Erasmus+, bahkan kamu bisa mencoba beberapa pilihan program beasiswa yang ditawarkan langsung oleh Leiden University. Universitas ini menawarkan banyak sekali program beasiswa, dimulai dari beasiswa untuk program bachelor degree, master’s degree, bahkan beasiswa untuk program PhD. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa yang ditawarkan oleh Leiden University di laman resmi mereka di https://www.universiteitleiden.nl/en/scholarships.

 

Jurnalis: Sri Indriani Fitri

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.