Beasiswa Sarjana dan Pascasarjana Bagi Pemilik Skor IELTS di Bawah 6.5

Persyaratan wajib yang tidak mungkin dilewatkan oleh para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri tentu saja sertifikasi kemampuan bahasa. Salah satu syarat yang paling sering diajukan pihak beasiswa adalah IELTS, seperti LPDP yang menetapkan syarat IELTS 6.5 untuk magister luar negeri dan IELTS 7.0 untuk program doktoral, Chevening yang menetapkan syarat IELTS 6.5, dan Erasmus+ yang juga menetapkan syarat minimal IELTS 6.5.

Banyak para pemburu beasiswa yang gagal mencapai tahap ini karena untuk mencapai skor IELTS 6.5 bukanlah hal yang mudah, namun jangan berkecil hati jika kamu memiliki skor IELTS di bawah 6.5, beberapa beasiswa ini mungkin bisa menjadi pilihan kamu:

  1. Stipendum Hungaricum

Dari namanya saja pasti sudah bisa ditebak bahwa beasiswa ini adalah beasiswa bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Hungaria, beasiswa Stipendum Hungaricum merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Hungaria. Beasiswa ini tergolong ke dalam beasiswa penuh dimana hampir semua keperluan akademik penerima akan ditunjang oleh pihak Stipendum Hungaricum sendiri. Beasiswa ini menetapkan target IELTS 5.5, namun ada pengecualian di beberapa kasus dimana universitas meminta syarat lebih tinggi, pastikan kamu memeriksa secara detail ya!

  1. DAAD EPOS

Salah satu beasiswa penuh lainnya yang bisa kamu coba adalah DAAD EPOS, beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Jerman ini hanya menetapkan syarat IELTS 6.0. Namun hal yang perlu kamu ingat dari beasiswa ini adalah semua calon penerima beasiswa DAAD EPOS harus sudah mempunyai pengalaman kerja. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langung mengunjungi situs resmi DAAD EPOS.

  1. Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship atau biasa disingkat AAS merupakan salah satu beasiswa paling populer yang bisa mewujudkan impian kamu untuk melanjutkan pendidikan di Australia. Beasiswa yang tergolong beasiswa penuh ini hanya menetapkan syarat IELTS 5.5 untuk jenjang magister, dan IELTS 6.0 untuk jenjang doktoral.

  1. Brunei Darussalam Government Scholarship

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak negara tujuan kamu jika kamu menjadi penerima beasiswa ini. Beasiswa dari pemerintah Brunei Darussalam ini akan mencukupi hampir 100% keperluan akademik kamu nantinya, dan untuk persyaratan IELTS sendiri, Brunei Darussalam Government Scholarship menetapkan IELTS dengan band 6.0.

  1. MEXT (5.5)

Beasiswa MEXT atau sering disebut Monbukagakusho merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang. Jika empat beasiswa sebelumnya rata-rata adalah untuk program magister dan doktoral, beasiswa MEXT ini diperuntukkan untuk pelamar yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di Jepang. Beasiswa ini sendiri menetapkan IELTS dengan band 5.5.

Itulah beberapa beasiswa yang menetapkan syarat IELTS di bawah 6.5, sebelum kamu mempersiapkan berkas-berkas beasiswa kamu, pastikan kamu sudah memeriksa ulang kebijakan terbaru dari lembaga beasiswa tujuan kamu.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.