Beasiswa Prestisius di Asia Tenggara

Jika berbicara mengenai negara dengan kualitas Pendidikan terbaik, maka nama UK, US, atau Canada memang selalu menjadi daftar teratas dengan universitas kelas dunia yang mereka miliki. Namun bagi mahasiswa Indonesia, memutuskan untuk tidak melanjutkan studi di tempat-tempat tersebut karena beberapa hal, salah satunya adalah faktor lokasi yang sangat jauh, pengurusan visa yang sulit, dan beberapa hal lainnya. Banyak dari mereka yang akhirnya memutuskan untuk memilih universitas yang berlokasi di Asia Tenggara, dimana dari segi pendidikan, juga memberikan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di universitas di Asia Tenggara, daftar-daftar beasiswa prestisius berikut ini patut kamu coba :

1. Malaysia International Scholarship (MIS)

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki kualitas Pendidikan yang sangat bagus, bisa dibuktikan melalui peringkat Universitas yang ada di sana seperti University of Malaya yang masuk dalam peringkat 64 dunia versi QS World Ranking, menyusul University of Putra Malaysia dan National University of Malaysia yang bertengger di posisi 150 besar. Jika kamu ingin melanjutkan studi kamu di Malaysia, Malaysia International Scholarship bisa mewujudkan mimpi kamu. Beasiswa ini akan membantu biaya kuliah kamu secara penuh dan juga memberikan tunjangan perbulan selama kamu berkuliah di Malaysia.

2. Scholarship for International Students at Chulalongkorn University

Bagi kamu yang tertarik melanjutkan kuliah di Thailand, beasiswa ini bisa menjadi pertimbangan. Namun sayangnya, beasiswa ini hanya bisa untuk satu universitas, yaitu Universitas Chulalongkorn yang berlokasi di Bangkok, ibu kota Thailand.

3. Brunei Darussalam Government Scholarship

Pemerintah Brunei Darussalam memberikan beasiswa penuh bagi International Students yang ingin melanjutkan studi di sana. Beasiswa ini termasuk ke dalam tipe beasiswa fully funded, jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya tambahan Ketika memulai studi di sana. Namun perlu dicatat, beasiswa ini hanya berlaku di empat universitas yaitu Universiti Brunei Darussalam, Politeknik Brunei, Universiti Islam Sultan Sharif Ali, dan Universiti Teknologi Brunei.

4. NTU Asean Undergraduate Scholarship

NTU atau Nanyang Technological University adalah universitas bergengsi tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga dunia. Kampus ini menduduki peringkat 11 pada QS World Ranking pada tahun 2020. Tapi yang perlu kamu ingat, beasiswa ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin melanjutkan S1 saja.

5. NUS Asean Undergraduate Scholarship

Hampir sama seperti beasiswa yang ditawarkan NTU, bedanya beasiswa ini ditawarkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di National University of Singapore.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.