Beasiswa Kuliah Tanpa Surat Rekomendasi

Emangnya ada?

Mungkin kalimat tanya itulah yang pertama kali muncul dalam benak kita saat membaca judul artikel ini. Ya, salah satu syarat utama untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri, yang sering kita tahu dan dengar selain bahasa Inggris adalah surat rekomendasi. Jika kamu mungkin belum tahu, surat rekomendasi menjadi salah satu syarat utama atau surat sakti untuk bisa membawamu pergi menempuh pendidikan lebih lanjut di luar maupun di dalam negeri.

Terkadang, kendala yang kita temui ketika meminta surat rekomendasi tersebut adalah kita tidak terlalu akrab dengan dosen atau dekan, dan sebagainya yang sekiranya bisa membuat surat rekomendasi untuk kita. Kemudian, jika kita sudah menemukan cara untuk bisa mendapat surat rekomendasi tersebut, dosen yang bersangkutan terkadang slow respon saat dihubungi atau bahkan kurang memberikan respon baik.

Merasa serba salah, jika terus mendesaknya kita akan terlihat tidak sopan padahal butuh segera untuk melengkapi persyaratan tersebut. Jika tidak mendesak beliau maka yang terjadi kita tidak kunjung mendapatkan surat rekomendasi dan beasiswa yang kita kejar sudah masuk deadline.

Lalu bagaimana jika sudah begitu? Jalan keluar yang mungkin bisa kamu pilih dan cendurung lebih aman adalah kamu harus mencari beasiswa yang tidak mencantumkan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat utamanya. Berikut beberapa beasiswa yang bisa kamu coba tanpa harus menggunakan surat rekomendasi.

1. Ignacy Lukasiewicz ( Stefan Banach) Polandia (S2)

2. Invest your Talent Italy (S2)

3. New Zealand Asean Scholarship Selandia Baru (S2/S3)

4. Stipendium Hungaricum Hungaria (S1-S3)

5. Studeren in Netherlands (StuNed) Belanda (S2)

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.