Beasiswa Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam Periode 2022/2023

 

Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam mempublikasi program Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam melalui Skema Penghargaan Beasiswa di tahun akademik 2022/2023. Program ini membuka kesempatan kepada para pelamar untuk mengambil program Diploma, Gelar Sarjana, dan Gelar Pascasarjana Magister di salah satu institusi pendidikan tinggi terkait.

 

Adapun institusi tersebut yaitu; Universiti Brunei Darussalam (UBD), Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), Politeknik Brunei (PB)

 

Adapun syarat dan ketentuan beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Penerima beasiswa akan difasilitasi dengan manfaat beasiswa sebagai berikut:
  • Pembebasan dari membayar biaya kuliah termasuk penerimaan, ujian, pendaftaran dan biaya orientasi selama program;
  • Tiket pesawat kelas ekonomi ke Brunei Darussalam dari negara asal/negara domisili penerima beasiswa sebelum kursus dimulai dan tiket pesawat kelas ekonomi dari Brunei Darussalam ke negara asal/negara domisili penerima beasiswa setelah menyelesaikan kursus;
  • Tunjangan pribadi bulanan, makan bulanan, buku tahunan sebesar BND$ 1.250,00
  • Akomodasi di asrama perguruan tinggi Universitas/Politeknik;
  • Tunjangan bagasi untuk pengiriman barang pribadi penerima beasiswa ke negara asal/negara domisili setelah menyelesaikan program, dengan jumlah maksimum:
  • BND$ 250,00 ke negara di kawasan ASEAN;
  • BND$ 500,00 ke negara di luar kawasan ASEAN;
  • Asuransi komprehensif untuk seluruh durasi Beasiswa. Penerima beasiswa, bagaimanapun, didesak untuk mendapatkan asuransi tambahan sebelum bepergian ke Brunei Darussalam dan selama masa beasiswa dengan biaya sendiri.
  1. Beasiswa ini tidak boleh diberikan bersamaan dengan beasiswa, fellowship, hibah atau pinjaman lainnya tanpa persetujuan sebelumnya dari Kementerian Luar Negeri. Beasiswa ini dapat dihentikan atau dicabut segera jika penerima beasiswa diketahui memiliki beasiswa, fellowship, hibah atau pinjaman lain tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kementerian.
  2. Penerima beasiswa tidak dianjurkan untuk membawa anggota keluarga selama masa Beasiswa. Tidak ada tunjangan pernikahan atau tunjangan anak yang dibayarkan kepada penerima beasiswa dan tidak ada akomodasi yang akan diberikan kepada pasangan, anak atau anak-anak yang menyertainya.
  3. Penerima beasiswa tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang dibayar atau menjadi staf perwakilan misi negara mana pun di Brunei Darussalam selama masa beasiswa.
  4. Penerima beasiswa wajib:
  • Mematuhi semua aturan dan peraturan yang mendasari Beasiswa ini;
  • Mentaati tata tertib Universitas/Politeknik;
  • Menghormati adat, budaya dan agama resmi Brunei Darussalam;
  • Mematuhi semua hukum dan peraturan Brunei Darussalam;
  • Menahan diri untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik;
  • Menjalani pemeriksaan kesehatan di Brunei Darussalam jika dianggap perlu oleh Kementerian Luar Negeri.
  1. Setelah menyelesaikan program, penerima beasiswa akan diminta untuk segera meninggalkan Brunei Darussalam.

 

Adapun prosedur aplikasi dan tanggal penutup beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Formulir aplikasi dapat diunduh dari tautan http://www.mfa.gov.bn/
  2. Formulir aplikasi harus dilengkapi dan disahkan oleh Kementerian Luar Negeri atau National Focal Pointuntuk beasiswa dari negara pemohon.
  3. Pelamar diharuskan untuk menyerahkan pernyataan izin keamanan dari Badan Keamanan Nasional/ Kantor Polisi mereka (yaitu pernyataan/ laporan yang menyatakan bahwa pelamar bebas dari tuntutan perdata dan pidana).
  4. Formulir aplikasi yang sudah diisi harus dikirim melalui email ke alamat applybdgs2022@mfa.gov.bn
  5. Pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam juga harus melengkapi aplikasi online melalui https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/.
  6. Formulir aplikasi yang tidak lengkap tidak akan dipertimbangkan.
  7. Tanggal penutupan penerimaan formulir aplikasi yang telah diisi, bersama dengan salinan resmi dari sertifikat dan dokumen yang relevan adalah, selambat-lambatnya pukul 16.00 (waktu Brunei) pada tanggal 15 Februari 2022.
  8. Pemohon mungkin diminta untuk menghadiri wawancara di tempat yang ditentukan oleh institusi yang menawarkan program, dan mengikuti ujian tertulis untuk menilai kemahiran pelamar dalam Bahasa Inggris/Melayu/Bahasa Arab.
  9. Pemerintah Brunei Darussalam berhak menolak permohonan apapun. Keputusan pemilihan kandidat bersifat final. Setiap perselisihan atau pertanyaan yang berkaitan dengan keputusan yang dibuat tidak akan dilayani. Hanya pelamar yang berhasil akan diberitahu melalui email.

 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi Email: queryBDGS2022@mfa.gov.bn

 

Sumber          : http://www.mfa.gov.bn/

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor             : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.