Beasiswa Fully Funded Bagi Calon Maba UMY

admisi.umy.ac.id

Yogyakarta dengan kota pelajarnya memang sudah bisa menjadi alasan bagi para mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikannya di kota ini. Selain dari pilihan universitas yang beragam, lingkungan yang sangat mendukung proses belajar mahasiswa menjadi alasan besar kenapa calon mahasiswa dari seluruh Indonesia berbondong-bondong menetapkan Yogyakarta sebagai destinasi pendidikannya. Namun beberapa tahun belakangan ini, kuliah di Yogyakarta bukan lagi hal yang mudah, dimulai dari biaya kuliah yang terhitung mahal, living cost yang setiap tahun selalu naik, ditambah dengan keadaan pandemi membuat banyak calon mahasiswa memiliki masalah dalam hal finansial.

Tapi untuk kamu para calon mahasiswa, tidak perlu khawatir, karena salah satu perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, akan memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa dari berbagai kalangan untuk dapat mengenyam pendidikan tanpa terhalang biaya. Universitas yang masuk dalam top 20 Universitas terbaik versi Webometrics ini menawarkan berbagai beasiswa dimulai dari beasiswa partially funded hingga beasiswa fully funded. Bagi kamu yang hanya ingin mencari beasiswa penuh atau fully funded, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah

Beasiswa fully funded pertama yang masuk ke daftar adalah beasiswa kader unggulan Muhammadiyah yang biasa disingkat KAUM. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan diharapkan bisa melanjutkan prestasinya di tingkat universitas nanti. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang aktif di kegiatan persyarikatan Muhammadiyah. Beasiswa ini akan menanggung seratus persen biaya akademik selama empat tahun. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi admisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenai beasiswa kader unggulan Muhmammadiyah di https://admisi.umy.ac.id/beasiswa-kaum/.

2. Beasiswa Hafizh Muhammadiyah

Dibaca dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak calon mahasiswa kategori apa yang menjadi sasaran beasiswa ini. Yap, bagi kamu penghafal Al-Qur’an, beasiswa ini benar-benar akan menggratiskan biaya kuliah selama empat tahun jika kamu adalah seorang penghafal Al-Qur’an. Namun yang harus digaris bawahi adalah, calon penerima beasiswa ini adalah penghafal Al-Qur’an yang memiliki hafalan minimal 5 juz ditunjukkan dengan fotokopi sertifikat atau surat keterangan dari lembaga yang mempunyai kewenangan dan akan dievaluasi setiap semester. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi admisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenai beasiswa hafizh Muhammadiyah di https://admisi.umy.ac.id/beasiswa-hafizh-muhammadiyah/.

3. Beasiswa Dokter Muhammadiyah

Menjadi dokter adalah impian bagi banyak orang, tapi dengan fakta bahwa biaya pendidikan dokter tidaklah murah biasanya membuat banyak orang mengurungkan mimpinya tersebut. Tapi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh selama menempuh studi kedokteran, baik itu kedokteran umum maupun kedokteran gigi.

Beasiswa dokter Muhammadiyah ini diperuntukkan untuk siswa yang mempunyai prestasi cemerlang dan berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah, Pondok Pesantren Muhammadiyah/Aisyiyah dan SMA/MA Muhammadiyah, penerima beasiswa ini ditargetkan kepada para siswa-siswa bertalenta yang masuk dalam kategori ekonomi kurang mampu. Ketika kamu mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali fasilitas, seperti pembebasan biaya studi sampai dengan lulus dokter, mendapatkan bantuan biaya hidup, hingga mendapatkan biaya buku dan biaya penelitian. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi admisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenai beasiswa dokter Muhammadiyah di https://admisi.umy.ac.id/beasiswa-dokter-muhammadiyah/.

4. Beasiswa KIP Kuliah

Yang terakhir adalah beasiswa KIP kuliah. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang didanai oleh pemerintah, yang menargetkan para siswa SMA dengan prestasi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi agar tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Beasiswa ini akan membebaskan biaya kuliah kamu secara penuh. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi admisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenai beasiswa KIP kuliah ini di https://admisi.umy.ac.id/beasiswa-kip-kuliah/.

Itulah empat beasiswa penuh yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, setelah melihat daftar tersebut, kamu bisa memilih kategori beasiswa mana yang paling cocok dengan kemampuan kamu nantinya. Selain dari empat beasiswa penuh ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga mempunyai beasiswa partially funded seperti beasiswa jalur prestasi, beasiswa prestasi unggulan, dan beberapa beasiswa on-going. Semua informasi ini bisa kamu temukan di situs resmi admisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di https://admisi.umy.ac.id/.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.