Aplikasi Tepat Guna Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Ekonomi

Menjadi mahasiswa jurusan ekonomi memilki makna bahwa kamu sudah siap masuk ke dalam dunia wirausaha. Dalam artian, dunia ekonomi selalu dibayang-bayangi dengan figure seorang pengusana dan pebisnis. Meski begitu, tidak semua alumnus ekonomi menjadi pengusaha. Terlepas dari semua itu, dunia ekonomi adalah peluang yang besar dalam lingkup lapangan pekerjaan.

Namun, sebelum melibatkan diri dengan dunia wirausaha, sebagai mahasiswa tentu masih memiliki kewajiban dan tuntutan yang harus dilakukan. Misalnya, rutinitas mengikuti perkuliah di dalam kelas baik daring maupun luring, kegiatan kemahasiswaan, bahkan juga rutinitas menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Nah, agar rutinitas lainmu tidak terganggu dengan banyaknya tugas kuliah yang menumpuk, 5 aplikasi tepat guna berbau ekonomi ini bisa menolong kamu saat mengerjakan tugas kuliah.

1. Stock Market

Aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi tepat guna untuk seorang investor pemula. Namun aplikasi ini juga digunakan dalam dunia perkuliahan. Dimana aplikasi ini dirancang untuk memeriksa perubahan harga, dari waktu ke waktu atau akses ke riwayat saham tertentu. Bahkan aplikasi ini juga dapat membuat penggunanya bisa mengakses portofolia investasi dari penggunanya.

2. FRED Economic Data

Aplikasi ini dari Federal Reserve Bank of St. Louis, FRED dapat menyajikan secara teliti tingkat indeks harga, pertumbuhan PDB, dan lain sebagainya dalam bentuk grafik praktis. Bahkan aplikasi ini telah dilengkapi oleh tutorial penggunaan aplikasi dan Contact Person dari admin aplikasi.

3. BukuKas

Merupakan aplikasi penghitung pembukuan bisnis aplikasi secara lengkap. Aplikasi ini mencatat semua jenis transaksi keuangan. Dimulai dari catat penjualan/pengeluaran, kelola stok barang, terima dan kirim uang, memberi kompensasi bebas biaya antar transaksi bank. Bahkan aplikasi ini menyediakan fitur untuk mendownload laporan keuangan secara otomatis. Baik laporan keuangan setiap minggunya, bulanan hingga tahunan.

4. Economic Times

Aplikasi ini adalah aplikasi yang memiliki lingkup luas. Sesuai namanya aplikasi ini dapat memantau dan melacak saham yang sedang anda minati, serta mendapatkan informasi real-time di pasar saham. Aplikasi ini juga memberikan informasi seputar ekonomi secara global. Baik dalam maupun luar negeri.

5. uValue

Aplikasi ini digunakan untuk menghitung modal dari suatu perusahan. Bahkan Aplikasi ini dapat memprediksi nilai tukar sebuah uang. Uvalue diciptakan dengan tenaga ilmuwan terpercaya dan berkualitas. Dimana dirancang oleh Profesor keuangan dari New York Universty. Penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah dipahami.

Nah, Bagaimana dengan kamu yang kuliah Jurusan Ekonomi? Apakah kamu sudah download aplikasi-aplikasi di atas?

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.