Apa Sih Perbedaan TOEFL iBT dan ITP?

Tes TOEFL saat ini diterima dan diakui oleh lebih dari 11.000 institusi pendidikan tinggi di lebih dari 150 negara. Beberapa institusi pendidikan tinggi yang mengakui hasil nilai TOEFL di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jerman, dan Perancis.

Nah TOEFL sendiri memiliki dua kategori, yakni TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Dua kategori ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi bentuk tes, hingga jumlah soal-soal yang dimiliki. Berikut ini beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui;

1. Bentuk tes

TOEFL ITP memiliki bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 140 soal yang terbagi dalam 3 sesi yakni; listening, structure dan rading. Sedangkan TOEFL iBT memiliki jumlah soal 30-40 nomor tiap sesinya yang terbagi dari reading, writing, listening, dan speaking.

2. Waktu Mengerjakan

Jumlah waktu pengerjaannya pun berbeda. Untuk tes TOEFL ITP selama 115 menit untuk level 1 dan 70 menit untuk level 2. Sedangkan TOEFL IBT memiliki waktu pengerjaan selama 4,5 jam.

3. Jumlah Score

TOEFL ITP skor keseluruhannya adalah 330-667 yang terbagi menjadi listening, structure, reading. Selanjutnya untuk TOEFL IBT adalah 0-120 yang terbagi menjadi listening, speaking, reading, dan writing masing-masing memiliki bobot 0-30.

4. Harga tes

Untuk mengikuti tes TOEFL ITP dibandrol dari 475 ribu rupiah sampai 600 ribu rupiah. Sementara untuk tes TOEFL IBT kamu akan merogoh kocek mulai dari 2,5 juta rupiah untuk sekali tesnya, atau lebih.

5. Kegunaan

Biasanya TOEFL ITP digunakan untuk instansi lokal saja dan TOEFL iBT digunakan untuk internasional. Nah kalau kamu berniat untuk melanjutnya kuliah di luar negri sebaiknya mengambil TOEL iBT.

Nah itu tadi 5 perbedaan yang perlu kamu cermati sebelum mengambil test TOEFL. Yuk mulai persiapkan dan memilih jenis test TOEFL mana yang akan kamu gunakan. Semoga artikel ini membantumu ya!

 

 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=rsp5ICsuspM

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor     : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.