Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi ? Mahasiswa Wajib Tahu

Anda mahasiswa ? Masuk semester berapa ? Sudah tahu apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi ? Dibeberapa universitas swasta terbaik sewaktu masa orientasi berlangsung biasanya juga akan menjelaskan kepada para mahasiswa baru mengenai apa itu tri dharma perguruan tinggi. Namun, ada juga kampus yang tidak mensosialisasikannya. Nah, buat yang belum tahu yuk cari tahu bersama mengenai pengertian tri dharma perguruan tinggi.

Dunia perkuliahan tentunya sangat berbeda dengan masa pada saat menjadi pelajar di sekolah dulu. Saat menjadi mahasiswa, beban, tanggung jawab, dan tantangannya lebih tinggi dibanding saat menjadi pelajar. Oleh karena itu, pentingnya setiap mahasiswa memahami mengenai arti Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menerapkannya selama masa perkuliahan berlangsung.

Pada intinya makna dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 point utama yakni : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Oleh karena itu Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya tanggung jawab mahasiswa semata, melainkan juga dosen dan seluruh sivitas akademika yang terlibat. Berikut penjelasan dari 3 point Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mahasiswa harus pahami.

Pendidikan dan Pengajaran 

Point pertama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni “Pendidikan dan Pengajaran”. Hal ini sangat penting dalam proses belajar mengajar di instantsi perguruan tinggi manapun. Di Indonesia sendiri, undang-undang tentang pendidikan tinggi berbicara mengenai arti pendidikan.

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terstruktur guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya para peserta didik dengan aktif mengembangkan potensi yang ada pada dirinya agar terbentuk kekuatan spiritual keagamaanm, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan.

Tanpa adanya proses pembelajaran yang baik, tentunya SDM yang unggul dan berkualitas bakal minim dihasilkan dan akan berdampak pada proses pembentukan karakter dan pembangunan bangsa. Orang-orang sukses yang mengelola dan memberikan kemajuan untuk Indonesia, tentu saja berawal dari proses pembelajaran yang baik. Walaupun proses belajar bisa diperoleh dimana saja, tidak harus di lembaga pendidikan formal.

Selain itu, UUD 1945 juga turut serta mendukung hal tersebut. Disampaikan didalamnya bahwa negara harus turut serta pada proses mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan dan pengajaran merupakan point penting yang harus ada di perguruan tinggi.

Penelitian dan Pengembangan

Pada umumnya, negara-negara maju di seluruh dunia, mempunyai budaya penelitian dan pengembangan yang sangat tinggi. Dari pemerintahan setempat juga turut mendukung hal tersebut. Alhasil, perkembangan teknologi yang pesat, banyak muncul inovasi baru, bahkan produk-produk penyelasaian masalah yang mutakhir, lahir dari penelitian dan pengembangan.

Dalam dunia perkuliahan, mahasiswa umumnya hidup dalam kultur pendidikan yang berbasis penelitian dan pengembangan. Mahasiswa akan banyak menemui tugas membuat penelitian, membuat laporan, mempraktikan tugas sesuai dengan disiplin ilmu yang diambil bukan yang asal-asalan atau sekedar mengikuti tren.

Mahasiswa yang tumbuh dengan kultur yang seperti itu akan menghasilkan kualitas SDM yang cerdas, kritis, kreatif, dan inovatif. Untuk itu, para lulusannya diharapkan untuk dapat menjadi agent of change, social control, menjadi pemimpin masa depan yang dapat memecahkan masalah dengan bijak, dan orang-orang dengan penuh keahlian dan skill untuk memberikan solusi atas berbagai masalah yang ada.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Apakah Anda pernah melihat mahasiswa tingkat akhir yang melakukan praktek kerja lapangan di berbagai pelosok desa ? Hal tersebut bukanlah hanya sekedar formalitas atau kegiatan biasa. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang juga termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Orang pintar bukan yang mempelajari berbagai macam disiplin ilmu dan disimpan untuk diri sendiri atau untuk kepentingan pribadi semata. Melainkan orang yang dapat mengamalkan ilmu yang telah dipelajari dan memberikan manfaat untuk orang banyak. Akan menjadi sia-sia saat kita mempunyai ilmu setinggi langit namun tidak memberikan dampak perubahan pada lingkungan di sekitar.

Dalam dunia perkuliahan pengabdian kepada masyarakat atau yang biasa disebut dengan KKN, merupakan rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa setelah seluruh teori telah didapatkan. Makanya mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN adalah mahasiswa semester akhir yang telah bebas teori.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada umumnya, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan sesuatu yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia baik itu perguruan tinggi negri atau swasta. Perguruan tinggi sudah seharusnya menjadi wadah untuk mencetak para pemuda generasi penerus bangsa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.