Apa Itu SKS, Pentingnya SKS Untuk Mahasiswa

Pernahkah Anda mendengar istilah SKS ? Apa itu SKS ? Saat baru pertama kali masuk di dunia perkuliahan terutama mahasiswa baru tentunya ada banyak istilah asing yang tidak ditemui atau bahkan tidak pernah mendengar sama sekali, salah satu istilah yang wajib Anda pahami di dunia perkuliahan ialah SKS.

Apa itu SKS ? Pengertian Satuan Kredit Semester 

Satuan Kredit Semester atau yang biasa disebut dengan SKS ini adalah bobot kegiatan di setiap mata kuliah. Singkatnya SKS ini sama dengan jam pelajaran di sekolah hanya beda istilah saja. 1 SKS berarti 50-60 menit kegiatan. Misalnya mata kuliah bahasa inggris 4 SKS artinya dalam seminggu terdapat 4 jam pelajaran mata kuliah bahasa inggris. Setiap mata kuliah mempunyai SKS yang berbeda tergantung dari bobot mata kuliah, ada yang 2, 4, bahkan 6 SKS.

Apa Kaitannya SKS dengan KRS 

SKS adalah termasuk bagian penting sewaktu pengisian KRS. Anda tidak dapat mengabaikannya sebab harus memastikan jumlah SKS yang diambil telah sesuai dan tidak melebihi batas maksimal yang telah ditentukan.

Untuk bisa lulus kuliah dan mendapatkan gelar sarjana, setiap mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan sedikitnya 144 – 160 SKS selama masa perkuliahan. Untuk jenjang lainnya seperti diploma, magister, doktoral juga mempunyai beban studi tertentu yang harus diselesaikan.

Untuk dapat menyelesaikan beban studi dan lulus tepat waktu, dibutuhkan perencanaan yang tepat salah satunya ketika pengisian KRS. Melalui Kartu Rencana Studi ini Anda dapat menentukan mata kuliah dan memenuhi ketentuan batas minimal SKS yang dapat diambil per semesternya. Dalam satu semester paling tidak mahasiswa dapat mengambil 21 SKS dan paling banyak 24 SKS

Hal itu tidak berlaku bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai Indeks Prestasi (IP) rendah, sebab jumlah IP menentukan berapa jumlah SKS yang dapat diambil, berikut rinciannya :

Nilai IP 0.00 – 1.49 Maksimal 12 SKS

Nilai IP 1.50 – 1.99 Maksimal 15 SKS

Nilai IP 2.00 – 2.49 Maksimal 18 SKS

Nilai IP 2.50 – 2.99 Maksimal 21 SKS

Nilai IP 3.00 – 4.00 Maksimal 24 SKS

Saat pengisian KRS, Anda tidak dapat sembarangan memilih mata kuliah yang akan diambil tanpa memperhatikan besaran SKS nya. Anda harus menghitung berapa jumlah SKS yang didapat bila mengambil beberapa mata kuliah, lalu periksa apakah sudah sesuai dengan batas minimal dan maksimal SKS yang dapat diambil mengacu pada nilai IP semester sebelumnya. Tahap ini disebut dengan Pra-KRS.

Setelah selesai melakukan KRS dan telah memenuhi jumlah batas SKS yang dapat diambil. Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah SKS yang diambil. Biasa SKS adalah besaran biaya yang harus dibayarkan berdasarkan jumlah SKS pada satu semester, hal ini dilaksanakan supaya dapat mengikuti kegiatan perkuliahan disemester berikutnya.

Jenis Mata Kuliah Secara Umum 

Saat Anda baru pertama kali masuk ke dunia perkuliahan, hendaknya sebelum memulai kegiatan perkuliahan untuk mencari tahu mengenai informasi kurikulum sesuai dengan jurusan yang Anda pilih. Anda bisa melihat keseluruhan mata kuliah yang harus ditempuh agar lulus program S1 melalui situs resmi kampus atau bertanya ke bagian akademik jurusan. Jenis-jenis mata kuliah di setiap jurusan secara umum yaitu

Mata Kuliah Wajib 

Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa di semua kampus berdasarkan ketentuan dari pemerintah atau dari pihak kampus. Biasanya mata kuliah wajib ini dilaksanakan di awal-awal semester sebelum fokus ke penjurusan. Contohnya pendidikan pancasila, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan agama, dan bahasa inggris.

Mata Kuliah Wajib Program Studi 

Berbeda dengan mata kuliah wajib yang ditentukan oleh pemerintah, mata kuliah jenis ini merupakan mata kuliah yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa sesuai dengan ketentuan dari pihak jurusan sebagai landasan untuk dapat mengikuti mata kuliah dalam jurusan tersebut.

Mata Kuliah Pilihan 

Untuk jenis mata kuliah pilihan biasanya mulai terdapat pada semester 3 atau 4. Setiap mahasiswa dapat mengambil mata kuliah sesuai dengan minat dan konsentrasinya. Misalnya mahasiswa jurusan tekni informatika dapat mengambil mata kuliah Web Designer, Programmer sebagai mata kuliah pilihannya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai SKS dan ketentuannya. Sudah memahami tentang apa itu SKS ? Usahakan untuk selalu mencari informasi terabaru bisa melalui internet, tanya ke pihak jurusan/fakultas, tanya teman, atau ke dosen pembimbing akademik. Hal itu bertujuan agar Anda dapat merencanakan studi sesuia dengan kebijakan SKS yang terbaru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.