Apa itu Sempro, Tips Menghadapi Seminar Proposal

Anda mahasiswa tingkat akhir ? Pasti tahu apa itu sempro. Tak sedikit mahasiswa yang masih sulit membedakan antara sempro dan sidang skripsi, bahkan beberapa ada yang menganggap keduanya sama. Terutama maba yang baru masuk dan belum memahami mengenai sempro dan skripsi. Padahal ini wajib dipahami oleh setiap mahasiswa agar dapat mempersiapkannya. Untuk menambah wawasan seputar dunia perkuliahan, berikut penjelasan mengenai sempro yang harus anda ketahui

Apa itu Sempro 

Apa yang dimaksud dengan sempro ? Bagi mahasiswa baru yang baru saja masuk ke dunia perkuliahan tentu saja asing dengan istilah ini. Sempro adalah singkatan dari seminar proposal skripsi yang biasanya dilakukan mahasiswa semester akhir yang akan melakukan penelitian skripsi.

Dalam proses mengerjakan skripsi, ada beberapa ujian yang harus Anda lalui seperti ujian seminar proposal. Seminar proposal ini merupakan tahap pertama bagi mahasiswa tingkat akhir yang harus dilalui oleh para calon sarjana sebelum memasuki tahap penelitian skripsi sampai sidang nanti. Di dalam proposal ini nantinya memuat gambaran penelitian yang akan diteliti. Semuanya dijabarkan mulai dari Bab 1, Bab 2, sampai Bab 3. Baru setelah itu dipresentasikan di depan dosen penguji.

Struktur Penulisan Sempro 

Setiap kampus mempunyai ketentuan masing-masing mengenai struktur kepenulisan untuk seminar proposal skripsi. Namun, secara umum berikut struktur penulisan sempro

Latar Belakang 

Pada bagian ini, Anda harus menjabarkan mengapa Anda mengambil topik penelitian tersebut. Bagian tersebut harus meliputi apa yang mendorong minat Anda mengambil topik tersebut, relevansi dengan penelitian sebelumnya, dan apakah penelitian Anda akan berkontribusi pada penelitian di bidang yang lebih luas.

Rumusan Masalah 

Bagian ini memuat pertanyaan penelitian yang ingin Anda cari dari topik yang diambil. Pertanyaan ini nantinya yang akan dicari jawabannya melalui metode penelitian.

Tinjauan Pustaka 

Tinjauan pustaka adalah kegiatan peninjauan atau review dari suatu pustaka/penelitian yang berhubungan dengan topik penelitian yang diambil. Hal ini bertujuan supaya Anda lebih memahami mengenai topik penelitian yang diangkat.

Kerangka Teori 

Kerangka teori berisi tentang penjelasan dari semua hal yang dijadikan sebagai bahan penelitian yang berlandaskan pada hasil dari penelitian tersebut. Dari teori yang sudah Anda identifikasi dalam tinjauan pustaka, Anda juga harus mengidentifikasi pendekatan teoritis atau pendekatan mana yang bakal dipakai dalam penelitian Anda dan alasannya.

Metodologi Penelitian 

Dibeberapa kampus membedakan antara metodologi ( mengapa cara mengumpulkan data ) dan metode atau disain penelitian (caranya). Ketika membuat metodologi, Anda dapat memanfaatkan literatur yang telah ditinjau dan memperhatikan beberapa pendekatan metodologi yang digunakan.

Referensi 

Pada bagian ini, Anda harus memasukan semua referensi yang menjadikan rujukan bahan penulisan proposal skripsi yang Anda buat.

Perbedaan Sempro dan Skripsi

Masih banyak mahasiswa yang sulit membedakan antara sempro dan skripsi karena sama-sama dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Untuk dapat membedakan keduanya, berikut perbedaan sempro dan skripsi :

  1. Ketika membuat proposal skripsi, Anda hanya membuat 3 bab awal saja untuk memastikan judul penelitian yang Anda ambil diterima. Sedangkan skripsi mengharuskan untuk memaparkan dari awal sampai akhir penlitian yang totalnya sampai 6 bab. Nantinya dosen akan memeriksa dan menguji hasil skripsi yang telah Anda buat.
  2. Perbedaan kedua terletak pada bentuknya, jika proposal skripsi berupa rencana atau rancangan yang akan Anda teliti nantinya. Tapi kalau skripsi berupa hasil penelitian yang telah Anda lakukan.
  3. Perbedaan yang terakhir terletak pada pengujiannya. Jika Anda akan mengajukan proposal skripsi, maka Anda diharuskan untuk mengadakan seminar proposal skripsi yang nantinya dosen penguji akan menentukan dari proposal skripsi yang telah dipresentasikan layak ke tahap selanjutnya atau tidak. Sedangkan ujian skripsi, bentuk ujiannya berupa sidang skripsi. Di situlah nantinya pengetahuan, pemahaman, dan kompetensi mu akan diuji oleh dosen penguji sidang skripsi.

Persamaan Sempro dan Sidang Skripsi

Selain perbedaan sempro dan skripsi juga mempunyai kesamaan, diantaranya yakni :

  1. Keduanya sama-sama berupa karya tulis ilmiah yang harus terbukti heuristik kebenarannya dalam melaksanakan penelitian yang telah dilakukan.
  2. Format penyusunan keduanya mempunyai nama yang sama, mulai dari bab satu sampai bab tiga.
  3. Yang terakhir, keduanya sama-sama diseminarkan untuk menguji kelayakan dari hasil penelitian hingga proses penelitiannya.

Ketiga persamaa tersebut yang membuat banyak orang menganggap seminar skripsi dan skripsi sama. Padahal keduanya berbeda yang dilakukan berurutan sesuai dengan tujuannya.

Tips Menghadapi Seminar Proposal 

Setelah selesai menggarap seminar proposal skripsi, langkah selanjutnya yaitu mahasiswa diharuskan untuk mempresentasikan rencana penelitian proposal skripsinya. Tak sedikit mahasiswa yang kesulitan saat melakukan seminar proposal skripsi, entah itu karena demam panggung, grogi, takut ditanya dosen, dan lain sebagainya. Sebenarnya ketakutan dan kecemasan yang kalian takutkan itu bisa diatasi. Berikut tips menghadapi seminar proposal skripsi dengan enjoy.

Pahami materi yang hendak dipresentasikan

Tips yang pertama adalah pahami materi yang akan Anda presentasikan nanti. Dengan lebih memahami materi Anda akan merasa lebih siap jika nanti ditanya oleh dosen penguji. Menjelang seminar proposal, Anda bisa mencatat point-point penting mengenai materi proposal Anda. Tambahkan data-data pendukung yang sekiranya Anda butuhkan saat mempresentasikan proposal Anda nanti.

Perkirakan apa yang akan ditanya dosen penguji atau Audiens 

Selain dosen penguji, umumnya seminar proposal juga didatangi audiens yang juga sesama mahasiswa. Ketika Anda selesai memaparkan hasil proposal skripsi Anda, selanjutnya merupakan sesi tanya jawab yang akan dilontarkan oleh dosen penguji atau dari audiens. Moment ini menjadi momok tersendiri bagi sebagian mahasiswa.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memperkirakan pertanyaan apa yang bakal ditanyakan ke Anda mengenai isi materi yang Anda presentasikan sebelumnya. Buat list jawaban pertanyaan yang sekiranya bakal ditanyakan. Meskipun tidak sepenuh tepat, namun kebanyakan pertanyaan yang diajukan tidak jauh berbeda dan mirip-mirip.

Buat Presentasi yang Jelas, Padat, dan Menarik 

Presentasi menjadi aspek penting yang harus dipersiapkan dalam seminar proposal. Segala pemahaman yang Anda kuasai bakal sia-sia apabila tidak membuat presentasi dengan jelas. Agar audiens dan dosen penguji mengerti mengenai isi materinya, Anda harus menjelaskannya dengan runtut di dukung dengan tambahan visual yang menarik.

Melakukan Latihan Presentasi

Sebelum hari – H seminar proposal skripsi tiba, akan lebih baik jika jauh-jauh hari rutin latihan presentasi. Selain membuat Anda lebih memahami isi materi, hal tersebut juga membantu supaya tidak gugup dan lebih percaya diri nanti ketika hari – H tiba.

Setelah semuanya dilakukan, jangan lupa berdoa

Apabila semua persiapan yang telah disebutkan sudah Anda laksanakan, tips yang terakhir yaitu berdoa agar dilancarkan sewaktu seminar nanti. Karena segala sesuatu tanpa diiringi dengan doa akan sia-sia. Telfon orang tua, teman, saudara untuk meminta doa dan dukungan kepadanya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai seputar proposal skripsi dan tips and trik untuk menghadapinya. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar dunia perkuliahan bisa tulis dikolom komentar ya

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.