Apa itu Management Trainee?

Sering mendengar Management Trainee, tapi apakah itu? Yuk simak penjelasan dari Beranda Kampus berikut.

Management Trainee merupakan proses percepatan karir untuk freshgraduate atau untuk orang yang sudah mempunyai pengalaman maksimal dua tahun. Biasanya, untuk mencapai level manajerial seseorang membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 tahun dalam sebuah perusahaan. Namun, dengan mengikuti percepatan karir ini, kamu bisa mencapai level manajerial hanya sekitar 2 hingga 3 tahun saja tergantung dengan baik atau tidaknya kinerjamu.

Selain alasan di atas, banyak dari freshgraduate mengincar posisi ini karena ada berbagai keuntungan yang didapatkan. Keuntungan dari segi materi, kamu akan mendapatkan gaji yang tinggi jika kamu berhasil menempuh pendidikan beserta tantangan-tantangan yang perusahaan berikan padamu selama masa pelatihan Management Trainee.

Kemudian, dalam masa pelatihan kurang lebih 6-12 bulan kamu akan dibekali apa yang pegawai-pegawai biasa tidak dapatkan saat mendaftar. Contoh kasus dalam perbankan, jika kamu melamar pekerjaan untuk teller atau customer service kamu hanya akan mendapatkan pedidikan seputar itu saja. Tapi, jika kamu diterima dalam program percepatan karir ini kamu akan dibekali ilmu di bidang teller, customer service, supervisor, sales, marketing, hingga manajer.

Setelah itu kamu diwajibkan untuk terjun langsung mempraktikkan ilmu yang sudah kamu terima dengan jangka waktu 2-3 bulan pada setiap posisi. Surprisingly, setelah kamu menyelesaikan 1 posisi kamu bisa dirotasi atau dipindah ke cabang atau unit yang mempunyai permasalahan yang lebih kompleks. Hal ini bertujuan untuk mengasah creative thinking dan problem solving dalam diri kamu.

Apa kamu berminat mencoba program percepatan karir ini? Tapi perlu diingat lagi, tidak semua perusahaan di Indonesia menyelenggarakan program percepatan karir ini, kalaupun ada kamu harus menambah kesabaran kamu karena proses seleksinya yang memakan waktu cukup lama. Selain itu, kontrak kerja untuk program percepatan karir sering kali mengikat dan biasanya kamu tidak diperkenankan menikah selama menjalani masa pendidikan.

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.