Apa Itu “Double Degree Program” dan Apa Manfaatnya?

Double degree program adalah program pendidikan tinggi di mana mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperoleh dua gelar sarjana atau gelar master dari dua institusi pendidikan yang berbeda. Dalam program ini, mahasiswa akan mengikuti kurikulum yang ditentukan oleh kedua institusi dan menyelesaikan persyaratan akademik yang diperlukan untuk masing-masing gelar.

Pada double degree program, mahasiswa umumnya akan menghabiskan setidaknya satu periode atau lebih di masing-masing institusi. Mereka akan mengikuti mata kuliah yang relevan dengan program studi mereka di kedua institusi, mengikuti ujian, dan menyelesaikan tugas atau proyek yang ditentukan. Pada akhir program, mereka akan diberikan dua gelar, dengan masing-masing satu gelar dari setiap institusi.

Program double degree memberikan sejumlah manfaat bagi mahasiswa, antara lain:

  1. Keuntungan Akademik

Mahasiswa dapat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari dua institusi yang berbeda, mendapatkan perspektif yang lebih luas, dan mengeksplorasi berbagai pendekatan dan metodologi dalam bidang studi mereka.

  1. Keunggulan Kompetitif

Memiliki dua gelar sarjana atau gelar master dari institusi terkemuka dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan atau melanjutkan studi lanjutan. Hal ini dapat membedakan diri mereka dari para lulusan lainnya di pasar kerja.

  1. Jaringan dan Hubungan Internasional

Mahasiswa double degree akan memiliki kesempatan untuk membangun jaringan dan hubungan dengan mahasiswa serta akademisi dari kedua institusi. Hal ini dapat membuka pintu kolaborasi profesional di masa depan dan peluang internasional yang lebih luas.

  1. Pengalaman Budaya dan Bahasa

Menghabiskan waktu di dua institusi yang berbeda memberikan pengalaman budaya dan bahasa yang berharga. Mahasiswa dapat terlibat dalam lingkungan multikultural, belajar tentang budaya baru, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang keragaman global.

  1. Pengetahuan Mendalam

Dalam double degree program, mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan mereka dalam bidang studi tertentu dengan mendapatkan perspektif dari dua institusi yang berbeda. Ini dapat membantu mereka menjadi ahli dalam bidang studi yang mereka pilih.

Double degree program biasanya melibatkan kerja sama antara dua institusi pendidikan yang memiliki kebijakan dan persyaratan tertentu. Mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti double degree program harus memenuhi persyaratan masuk dan mengikuti prosedur aplikasi yang ditetapkan oleh masing-masing institusi.

 

Sumber: https://blog.cakap.com/double-degree-adalah/

https://campus.quipper.com/kampuspedia/double-degree 

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *