apa itu dosen

Apa Itu Dosen dan Jenis Jenis Dosen di Kampus

Apa itu dosen ? Sudah pernah mendengar istilah dosen ? Mungkin sewaktu dulu duduk di bangku sekolah tenaga pengajar yang menyampaikan materi pembelajaran disebut guru. Nah, jika di dunia perkuliahan profesi yang memegang tugas tersebut disebut dengan dosen. Sudah tahu tugas dosen dan jenis-jenis dosen di dunia perkuliahan ? Yuk cari tahu bersama

Apa itu Dosen 

Dosen adalah tenaga pendidik profesional di jenjang perguruan tinggi dengan tugas utama mentrasfer ilmu, mengedukasi, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Seorang dosen tidak hanya dituntut untuk memberi ilmu semata, namun juga harus menjalankan asas yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Jenis-Jenis Dosen Perguruan Tinggi

Menurut produk hukum jenjang perguruan tinggi, pembagian klasifikasi dosen berdasarkan status ikatan kerja dapat digolongkan ke dalam 3 kelompok besar :

Dosen Tetap 

Dosen tetap merupakan tenaga pendidik yang bekerja penuh waktu, berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada satuan pedidikan tinggi tertentu. Dosen tetap diakun dari DIKTI dengan diberinya NIDN (Nomor Indun Dosen Nasional). Golongan jenis dosen yang termasuk dosen tetap : dosen pns, dosen dpk kopertis, dosen tetap non pns, dosen tetap yayasan yang diangkat di perguruan tinggu swasta, dosen asing / luar negri.

Dosen Tidak Tetap

Dosen tidak tetap adalah dosen yang diangkat oleh pimpinan yayasan berdasarkan kontrak dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Mereka dapat bekerja penuh waktu atau paruh waktu tergantung kesepakatan kontrak. Setiap dosen tidak tetap akan diberi NUPN (Nomor Urut Pengajar Nasional)

Dosen Honorer

Dosen honorer adalah dosen yang mengajar tanpa adanya ikatan kerja atau kontrak. Sehingga dosen honorer tidak mempunyai NUPN ataupun NIDP sekaligus data dirinya tidak termuat dalam database PDDIKTI. Contoh dari dosen honorer yakni dosen tamu, asdos, dosen pengganti, dan dosen luar biasa.

Selain berdasarkan status ikata kerja, jenis dosen juga dapat diklasifikasikan berdasarkan tugas yang diemban. Kategori ini menunjukan tugas tambahan dosen selain mengajar mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi.

Dosen Pembimbing Akademik 

Sewaktu masuk untuk pertama kalinya di kampus, setiap mahasiswa baru akan mendapatkan dosen pembimbing akademik. Peran dosen PA ini seperti layaknya wali kelas sewaktu dulu di sekolah. Dosen PA ini mempunyai tugas untuk mendampingi dan membantu mahasiswa bimbingannya agar dapat kuliah dengan baik dan lancar. Jika terjadi masalah yang berhubungan dengan prestasi akademik, maka dosen PA bakal memanggil mahasiswa yang bersangkutan dan memberi solusi terbaik. Bisa dibilang dosen pembimbing akademik seperti orang tua selama di kampus.

Dosen Pembiming

Tipe dosen yang selanjutnya adalah dosen pendamping. Dalam kegiatan perkuliahan dosen pendamping ini ada banyak ragamnya. Dimulai dari dosen pembimbing skripsi yang bertugas mendampingi dan membimbing setiap mahasiswa yang akan mengerjakan skripsi.

Kemudian ada juga dosen pendamping yang ditugaskan untuk membimbing kegiatan atau organisasi mahasiswa di lingkungan kampus dalam jangka waktu tertentu dan terbatas, seperti dosen pembimbing KKN, KKL, PKL, dan lain-lain sehingga mahasiswa dapat menjalankan kegiatan tersebut dengan baik dan lancar.

Dosen Penguji

Jenis dosen yang berikutnya yaitu dosen penguji. Dosen ini bertugas untuk menguji kelayakan program, proposal, atau tugas akhir yang diajukan oleh mahasiswa. Selain itu, dosen penguji juga menilai setiap kegiatan praktik tertentu yang dilakukan mahasiswa.

Momok yang paling ditakuti adalah dosen penguji skripsi. Karena disitulah nantinya mahasiswa akan diberi berbagai macam pertanyaan oleh dosen penguji. Beliau juga lah yang memberi nilai dan menentukan apakah ujian skripsi mu lulus atau tidak.

Dosen pengampu

Dosen pengampu adalah dosen yang mengampu suatu mata kuliah dan mengajarkan kepada mahasiswa di kelas.

Asisten Dosen

Nantinya Anda akan menemui dosen yang mempunyai asisten, ia disebut dengan asisten dosen / asdos. Ia juga dikategorikan sebagai dosen karena mempunyai tugas pendidikan dan pengajaran sebagaimana dosen profesional. Asisten dosen ini bertugas menggantikan dosen inti ketika berhalangan hadir.

Biasanya asdos ini diambil dari para mahasiswa berprestasi untuk diangkat menjadi dosen sebaya yang mengajar kepada mahasiswa dengan rentan usia yang tidak terlalu jauh. Namun, asdos juga bisa berasal dari dosen muda yang telah memenuhi kualifikasi setingkat jenjang magister. Keberadaanya, diharapkan dapat membuat teman belajar yang nyaman sewaktu dikelas karena berasa belajar dengan teman sendiri.

Nah itu tadi definisi dan jenis – jenis dosen yang harus Anda ketahui. Semoga segala bentuk penasaran mu mengenai istilah – istilah asing seputar dunia perkuliahan sudah terjawab ya. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan cantumkan di kolom komentar.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.