American Corner, Hanya Ada 9 di Indonesia dan UMY Salah Satunya

Memilih universitas bukanlah seperti bermain ‘cap cip cup’ namun harus memiliki pertimbangan yang matang dan alasan yang kuat dalam memilih tempat menimba ilmu untuk menasbihkan diri sebagai ‘mahasiswa’. Nah, untuk itu kita perlu melihat beberapa faktor seperti fasilitas dan kerjasama apa yang kampus tujuan kita sudah lakukan. Kerjasama yang bagus antara pihak universitas dan pihak luar akan sangat berpengaruh bagus untuk kita karena kesempatan memperoleh ilmu, kerjasama, magang bahkan kerja akan terbuka luas dengan kerjasama yang baik.

Salah satu kerjasama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika adalah berdirinya ‘American Corner’ atau biasa disebut AMCOR. Dilansir dari website resmi US Embassy, Amcor adalah kemitraan antara Kedutaan Besar AS dan universitas-universitas besar di Indonesia, dan merupakan bagian dari jaringan global dari hampir 700 tempat serupa di seluruh dunia yang didedikasikan untuk memperkuat hubungan antara masyarakat Amerika dan warga asing di luar Amerika.

Di Indonesia sendiri hanya ada 9 universitas yang dipilih sebagai kemitraan antara Indonesia dan Kedutaan Besar US. Kesembilan universitas tersebut adalah Universitas Andalas, UIN Syarif Hidayatulloh, Institut Teknologi Bandung, UIN Walisongo Semarang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Tanjungpura, Universitas Pattimura dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Lalu apa saja sih keuntungannya jika universitas pilihan kita memiliki AMCOR? Ternyata banyak, lho.  Kita bukan hanya bisa belajar Bahasa Inggris di dalamnya tapi kita akan belajar tentang budaya di Amerika, Isu terkini di Amerika, bahkan di dalamnya ada eksemplar majalah original dari Amerika yang didistribuskan langsung seperti Majalah TIME, New York Times dan banyak lagi. Bahkan festival Halloween pun yang menjadi festival ikonik dari Negeri Paman Sam ada di AMCOR. Fasilitas lainnya pun tak kalah keren antara lain tersedianya printer 3D, Komputer, dan permainan yang langsung disuplai oleh pemerintah US.

Lebih dari itu, kita juga bisa mengetahui beberapa program pertukaran pelajar yang dilakukan oleh pemerintah US dan bagaimana cara supaya bisa bergabung. Berbagai kuliah umum juga diadakan di Amcor dengan pengisi langsung Native Speaker dari Amerika seperti dari Dosen, Praktisi dan Instruktur Ahli.

Gimana? Kampus pilihanmu sudah ada Amcor apa belum? Rugi banget kalau kampus kalian belum ada Amcornya. Kalau di Jogja, hanya ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan hebatnya Amcor UMY mendapatkan predikat sebagai Amcor terbaik di Indonesia. Tunggu apalagi, yuk kepoin instagramnya Amcor UMY di @amcorumy.

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.