Alur Pendaftaran Beasiswa Chevening 2021/2022

Membahas tentang beasiswa dan kuliah di luar negeri memang tidak pernah ada habisnya, salah satu topik yang tidak pernah lupa dibahas adalah melanjutkan kuliah di Eropa. Banyak sekali beasiswa yang bisa didapatkan para scholarship hunters jika ingin melanjutkan studi di Eropa, seperti Erasmus+, Stunned, LPDP, dan lainnya. Salah satu beasiswa terpopuler yang bisa mengantarkan kamu ke Eropa adalah Chevening. Beasiswa ini khusus bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di United Kingdom. Jika kamu menjadi bagian dari penerima beasiswa Chevening, kamu bisa memilih salah satu dari empat negara yang tergabung dalam United Kingdom yaitu Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia.

Nah bagi kamu yang punya keinginan menjadi bagian dari Chevening, poin paling penting adalah kamu harus sudah punya pengalama kerja selama kurang lebih dua tahun. Pengalaman tersebut bisa kamu dapatkan dari bekerja, internship, volunteer, dll. Beasiswa penuh ini sudah mulai membuka pendaftaran pada awal Agustus kemarin. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas secara detail tentang alur setiap proses seleksi Chevening tahun ini

  1. Pendaftaran

Chevening 2021 kali ini sudah mulai membuka pendaftaran pada awal Agustus, tepatnya pada tanggal 3 Agustus. Untuk deadline pendaftaran, Chevening memberikan waktu lebih kurang tiga bulan dan akan menutup batas pendaftaran pada November mendatang, tepatnya pada tanggal dua November 2021. Pada tahap ini kamu harus membuat esai terbaik yang menceritakan vision kamu ke depannya sebelum, sedang, dan setelah kuliah di United Kingdom.

  1. Seleksi Administrasi

Setelah pendaftaran tutup, pihak Chevening akan melakukan seleksi berdasarkan kriteria yang sesuai, tahap ini akan memakan waktu mulai dari awal November 2021 hingga awal Agustus 2022.

  1. Pengumuman Kandidat Terpilih Tahap 1

Di Chevening sendiri, ada dua tahap pengumuman yaitu tahap satu dimana diumumkannya kandidat yang terpilih untuk lanjut ke tahap wawancara, dan pengumuman tahap dua dimana Chevening akan mengumumkan nama final kandidat terpilih untuk berangkat ke United Kingdom bersama Cheveing. Untuk Chevening 2021/2022 ini, pengumuman tahap satu kira-kira akan diumumkan pada pertengahan bulan Februari 2022.

  1. Pengumpulan Dokumen Pendukung dan Wawancara

Bagi semua pendaftar terpilih di pengumuman kandidat tahap satu, Chevening akan meminta para kandidat ini untuk mengumpulkan dan mengupload semua dokumen pendukung seperti surat rekomendasi, dan di tahap ini pihak Chevening akan melakukan wawancara kepada setiap kandidat terpilih. Proses ini akan dimulai dari akhir Februari 2022 hingga 29 April 2022.

  1. Pengumuman Akhir

Yap pada pengumuman ini, Chevening akan mengumumkan nama-nama kandidat terpilih untuk terbang ke salah satu negara di United Kingdom dan melanjutkan studi. Pengumuman ini akan diumumkan Chevening pada awal Juni 2022.

Nah itulah alur lengkap seleksi beasiswa Chevening 2021/2022. Untuk informasi lebih lengkap mengenai ketentuan persyaratan, dokumen, dan yang lainnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi Chevening di chevening.org. Good luck!

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.