Aktif Organisasi, Berikut ini Lima Manfaatnya!

 

Mahasiswa merupakan salah satu komponen penting dalam suatu perguruan tinggi. Menjadi seorang mahasiswa merupakan kesempatan dan tanggung jawab yang luar biasa untuk belajar lebih banyak hal dan mengembangkan potensi diri. Salah satu cara dalam pengembangan diri tersebut selain belajar di dalam kelas dapat didapatkan melalui organisasi.

 

Berorganisasi akan melatih mahasiswa untuk lebih disiplin, berani dalam mengambil keputusan, kemampuan manajerial dan banyak hal lainnya. Buat kamu yang masih ragu untuk berorganisasi, yuk simak lima manfaat berorganisasi dibawah ini!

 

  • Mengasah Kemampuan Manajerial

Saat mengikuti organisasi, ada masanya kamu akan diberikan kepercayaan untuk bertanggung jawab dalam sebuah acara/event di beberapa progam kerja. Dari hal tersebut kemampuan leadership/kepemimpinan dan manajerial kamu akan diuji dan diasah. Kemampuan manajerial dalam hal ini yaitu ketrampilan anda untuk mengatur, mengkoordinir, dan menggerakan rekan-rekan tim kamu untuk mencapai tujuan dari program kerja yang berjalan. Mulai dari membangun semangat tim dalam mensukseskan program kerja, membagi tugas dalam beberapa divisi secara adil, serta memastikan setiap divisi dapat terkoordinasi dengan baik.

 

  • Mengasah Soft Skill

Berbagai hal yang dipelajari di kelas saat kuliah biasanya masih bersifat hard skill seperti kemampuan dalam menghitung, desain, analisis data dan lainnya. Kemampuan hard skill merupakan kemampuan yang penting dan hampir seluruh mahasiswa wajib menguasainnya, namun kemampuan soft skill juga tidak kalah penting walaupun sifatnya optional untuk mahasiswa. Soft skill ini merupakan kemampuan yang juga dibutuhkan sebagai mahasiswa dalam mempersiapkan diri di dunia kerja. Soft skill ini dapat contohkan seperti kemampuan dalam berkomunikasi dan negosiasi, team work, problem solving, adaptasi, menyusun dan merancang strategi sampai kreativitas.

 

  • Memperluas Koneksi

Keikutsertaan dalam organisasi akan memperluas koneksi kamu karena anda akan banyak berkoordinasi dan bekerja Bersama teman-teman seangkatan ataupun senior di kampus kamu baik dalam satu jurusan maupun lintas jurusan bahkan hingga lintas kampus. Semakin aktif kamu dalam berorganisasi, akan semakin besar juga kesempatan kamu dalam memperluas jaringan. Melalui koneksi ini juga dapat mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan atau informasi-informasi penting lainnya.

 

  • Mengembangkan Minat dan Bakat

Berbicara organisasi bukan tentang Badan Eksekutif Mahasiswa atau Himpunan Mahasiswa Jurusan, organisasi juga terimplementasi melalui Unit Kegiatan Mahasiswa. Unit Kegiatan Mahasiswa juga merupakan sebuah organisasi yang bukan hanya mengasah kemampuan berorganisasi namun juga menyalurkan minat dan bakat mahasiswa melalui kegiatan ekstrakulikuler di lingkungan kampus. UKM sendiri dapat dibagi menjadi 3 bidang yaitu seni (tari, teater, paduan suara, dan lainnya), bidang olahraga (futsal, bola, voli, pencak silat, dan lainnya), dan bidang khusus (resimen mahasiswa, penelitian, koprasi, pecinta alam, dan lainnya).

 

  • Memperkaya Curiculum Vitae

Keikutsertaan kamu dalam organisasi mahasiswa dapat kamu masukkan di Curiculum Vitae (CV) untuk dijadikan bekal dalam melamar pekerjaan. Pengalaman organisasi dalam CV menunjukkan bahwa anda aktif dan turut serta berkontribusi pada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Hal tersebut dapat menjadi penunjang yang sangat kuat yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan anda di mata perusahaan yang akan anda lamar setelah kuliah. Ditambah lagi jika IPK yang anda dapatkan tergolong tinggi, hal itu menunjukkan bahwa anda dapat mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan-kegiatan organisasi di kampus.

 

Manfaatkan waktu kuliah kamu dengan aktif dalam kegiatan-kegiatan positif di organisasi dan jangan lupa untuk belajar dan mempertahankan IPK kamu! Semoga penjelasan tentang manfaat organisasi bisa membuat kamu semakin semangat untuk berorganisasi!

 

Jurnalis         : Alimah Nur Kasanah

Editor             : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.