8 Skill Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Jadi Social Media Specialist

Sebagai mahasiswa tak sedikit yang sudah mulai berfikir bagaimana caranya untuk membantu meringankan beban orangtuanya. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah mulai mencari pemasukan finansial secara mandiri selama masa kuliahnya. Memang banyak pilihan untukmu untuk menjadi seorang freelancer, salah satunya sebagai social media specialist. Akan tetapi kamu juga perlu memiliki keahlian khusus untuk menggeluti pekerjaan ini. Simak 8 skill yang wajib kamu miliki untuk menjadi seorang social media specialist :

1. Ahli dalam menggunakan media sosial

Tentu agar kamu dapat menjadi social media specialist kamu membutuhkan kemampuan dasar di bidang media sosial. ini mencakup kemampuan dalam menggunakan tools media sosial, tools analytic, social media ads hingga mengetahui jenis konten apa yang paling tepat di setiap platform dan cara mengoptimalkannya.

2. Memiliki kemampuan untuk menganalisis

Kemampuan analisis memainkan peran penting dalam membantumu menjalankan peran sebagai social media specialist kamu akan membutuhkan kemampuan ini untuk menganalisis dan menilai data media sosial, menganalisis metrik konversi yang ada dan membuat laporan media sosial.

3. Kreatifitas yang tinggi

Kamu harus dapat memunculkan ide-ide baru yang menarik, kreatif dan inovatif dalam merancang kampanye di media sosial sehingga tidak hanya tetap menjaga keterlibatan follower, kamu juga dapat membantu media sosial perusahaan tetap menonjol di banding pesaing lainnya.

4. Memiliki kemampuan Copywriting Dan Storytelling

Seorang social media specialist menjadi suara di balik saluran media sosial perusahaan. Ia bertugas untuk memberi pemahaman orang-orang akan perusahaanmu melalui media sosial. Untuk melakukan tugasnya tersebut kamu harus memiliki skill dalam menulis dan storytelling yang kuat.

5. Visual aestethic yang kuat

Aspek visual tidak dapat dipungkiri sangat penting dalam media sosial. Pasalnya dalam brand storytelling tidak hanya cukup dilakukan dengan kata-kata, namun juga membutuhkan presentasi estetik yang menarik di semua platform.

6. Kemampuan Membaca Dan Mengikuti Trend

Dalam industri yang terus berubah, adalah sebuah keharusan untuk tetap mampu memperbaharui pengetahuan tentang tren, tools, aplikasi, praktik dan teknologi terbaik di dunia media sosial. Kemampuan ini dapat membantumu dalam menghasilkan konten yang tetap relevan.

7. Manajemen Komunitas

Tujuan utama keberadaan media sosial bagi brand adalah untuk terhubung dan terlibat dengan pelanggan yang menjadi komunitasnya secara efektif. Untuk itu kamu harus memiliki kemampuan dalam membangun koneksi dan terlibat aktif dengan komunitas online dan pelanggan potensial di berbagai jejaring sosial brand.

8. Pengetahuan tentang SEO

Memiliki pengetahuan SEO akan sangat membantu social media specialist dalam merancang strategi media sosial untuk membantu menarik audiens yang lebih besar dan mengarahkan ke lebih banyak pelanggan potensial.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.