8 Kampus Terbaik Luar Negeri Yang Tidak Memungut Biaya Pendaftaran

Mendaftar ke kampus-kampus luar negeri memang bukan perkara mudah. Dimulai dari persyaratan administrasi yang banyak, perbedaan bahasa, perbedaan sistem, dan yang pasti adalah mahalnya biaya pendaftaran. Fakta bahwa kurs rupiah sangat lemah dibanding kurs mata uang negara tujuan studi para scholarship hunters, menjadi salah satu alasan yang membuat biaya pendaftaran menjadi salah satu masalah besar saat ingin mendaftar di kampus luar negeri. Tapi jangan khawatir, beberapa kampus hebat di luar negeri ini tidak memungut biaya apapun untuk proses applying para calon mahasiswanya.

  1. University of Twente

University of Twente merupakan salah satu universitas yang berlokasi di Belanda, khususnya di kota Enschede. Universitas yang dipenuhi gedung-gedung dengan gaya modern ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun pada calon mahasiswanya.

  1. Victoria University of Wellington

Bagi kamu yang mempunyai rencana untuk melanjutkan studi di Selandia Baru, Victoria University of Wellington mungkin bisa menjadi universitas tujuan kamu. Selain menyediakan program-program yang luar biasa, universitas yang bertengger di jajaran top tiga kampus terbaik di Selandia Baru ini juga tidak memungut biaya apapun dalam proses pendaftarannya.

  1. Rmit University

Universitas selanjutnya yang tidak memungut biaya dalam proses pendaftarannya adalah Rmit University. Salah satu universitas yang terletak di Melbourne, Australia ini merupakan sebuah universitas dengan spesialisasi program teknologi, desain, dan bisnis terbaik. Jika kamu ingin menjadi salah satu mahasiswa Rmit University, kamu bisa mendaftar dan tentunya kamu tidak akan dikenakan biaya di dalam prosesnya.

  1. Yale university

Kamu mau menjadi bagian dari Ivy League? Siapa yang tidak mau menjadi bagian dari kampus-kampus bergengsi ini. Menjadi mahasiswa Yale University akan menjadikan mimpi tersebut menjadi kenyataan. Yale University merupakan universitas yang berjejer di daftar universitas terbaik bukan hanya di Amerika Serikat, namun juga di dunia. Untuk menjadi bagian dari Yale University, kamu bisa mendaftar, dan tentunya kamu tidak harus membayar uang pendaftaran.

  1. Ulsan National Institute of Science and Technology

Ulsan National Institute of Science and Technology yang berlokasi di Korea Selatan ini merupakan top lima institut terbaik di Korea Selatan, jika kamu ingin menjadi bagian dari institut terbaik ini, kamu bisa mendaftarkan dirimu segera.

  1. University of Vienna

Daftar selanjutnya di universitas bebas biaya pendaftaran adalah University of Vienna. Siapa yang tidak tahu keindahan kota Wina, Austria ini. Selain keindahan kota dan budaya yang luar biasa, kota ini juga memiliki universitas-universitas bergengsi, salah satunya adalah University of Vienna. Jika kamu ingin melanjutkan studi kamu di kota ini, kamu bisa mendaftar di University of Vienna tanpa dipungut biaya pendaftaran.

  1. Ghent University

Mempunyai mimpi untuk kuliah di Belgia? Ghent University mungkin bisa menjadi pilihan kamu, universitas yang memiliki desain unik ini juga memiliki sistem tanpa pungutan biaya untuk pendaftarannya.

  1. University of Amsterdam

Dari nama universitasnya saja, kamu pasti sudah bisa menebak lokasi universitas yang satu ini. Universitas yang terletak di tengah kota Amsterdam ini merupakan Universitas bergengsi seantero Eropa. Kamu bisa mendaftarkan diri kamu menjadi bagian dari University of Amsterdam tanpa dipungut biaya pendaftaran.

Itulah beberapa universitas-universitas terbaik di dunia yang tidak memungut biaya pendaftaran di dalam prosesnya. Untuk informasi lebih lanjut, mungkin beberapa universitas bisa jadi sudah mengubah kebijakan mereka, jadi yang harus kamu lakukan adalah selalu rajin mengunjungi website kampus tujuan kamu dan bacalah detail alur dan syarat yang mereka tentukan.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.