7 Tips Untuk Kalian Yang Ingin Memulai Skripsi

Skripsi adalah tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa untuk menempuh kelulusan. Skripsi sendiri adalah tugas akhir berupa karya tulis ilmiah hasil penelitian pada jenjang strata-1 (S1) yang membahas suatu fenomena atau permasalahan pada bidang penelitian tertentu sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku.

Bagi sobat Beranda Kampus yang mulai menjajaki semester akhir yaitu semester 6 biasanya setelah KKN kalian akan disibukkan dengan pemilihan judul skripsi yang sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan kalian. Berikut ada beberapa tips untuk kalian yang akan mulai mengerjakan skripsi.

1. Pilih Objek Penelitian Sesuai Passion atau Kesukaan Kalian

Zaman sudah serba digital nih. Anak muda biasanya banyak menghabiskan waktunya di media sosial favorit mereka. Yep, pilihlah objek penelitian sesuai dengan media sosial yang kalian suka. Kalian bisa mendapat ide untuk meneliti media sosial yang kalian suka dari Twitter, TikTok ataupun Instagram. Apalagi jika kalian yang berfokus pada bidang ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan sosial kemanusiaan.

2. Baca-baca Proposal Skripsi Kating

Jika kalian punya relasi atau kenalan kakak tingkat (kating) yang sudah lulus, kalian boleh banget untuk melanjutkan penelitian kating kalian yang sudah selesai. Kalian bisa melihat pada bagian kesimpulan bagian akhir. Dengan melanjutkan penelitian untuk melengkapi penelitian yang sudah dilakukan kating kalian. Misal kating kalian sudah meneliti menggunakan metode kualitatif, maka kalian bisa melanjutkan dengan melengkapi menggunakan metode kuantitatif bestie.

3. Perbanyak Baca Penelitian Terdahulu

Selain membaca skripsi terdahulu, coba kalian baca jurnal-jurnal yang sudah dirilis untuk mendapatkan ide. Nantinya selain untuk referensi, jurnal yang sudah kalian kumpulkan akan digunakan sebagai acuan untuk penelitian kalian lho.

4. Pahami Konsep Pada Bidang Keilmuan Kalian

Jika kalian sudah memahami bidang keilmuan kalian, bukan tidak mungkin kalian akan dengan mudah menemukan sumber atau topik untuk memulai penelitian kalian.

5. Mantapkan Niat

Setelah mendapatkan semua bahan sebagai acuan dan referensi, kalian hendaknya mulai untuk memantapkan niat untuk menulis skripsi. Niat juga penting untuk nantinya kalian tetap melanjutkan menulis. Usahakan kondisi kalian tetap stabil secara jiwa dan raga.

6. Konsultasi Dengan Dosen Pembimbing

Tetaplah terhubung dengan dosen pembimbing kalian. Ini adalah salah satu cara untuk segera memulai mengerjakan skripsi. Konsultasikan ide penelitian kalian agar mendapat masukan dan kritik untuk judul yang kalian ajukan dengan menjelaskan maksud dan tujuan dari penelitian.

7. Cari Teman Seperjuangan

Tidak ada salahnya untuk mencari teman yang sedang berada pada tahap yang sama. Bisa dengan membuat grup atau bergabung dalam grup yang sudah tersedia. Sekali lagi, manfaatkan media sosial kalian ya dalam zaman yang serba digital ini.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kalian ya untuk memulai. Tips di atas tidak hanya yang bersifat referensi namun juga tips untuk menjaga semangat kalian dalam mengerjakan skripsi. Tetap semangat yaa untuk kalian pejuang wisuda!

 

Penulis : Risma Nadya F

EditorĀ  : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *