7 Tips Menghadapi Sidang Skripsi

Tahapan paling akhir yang bikin mahasiswa deg-degan adalah ujian atau sidang skripsi. Beberapa dari mahasiswi yang bakalan menjalani sidang skripsi pasti merasa nervous dan panik. Terlepas dari deg-degannya, sidang skripsi haruslah dipersiapkan dengan matang salah satunya dengan memahami materi yang nantinya akan kalian bawakan.

Selain itu ada beberapa tips yang mungkin terlihat sepele, namun bakal membantu kalian menghadapi proses sidang skripsi.

  1. Cari Tahu Tentang Dosen Penguji

Yang pertama adalah cari tahu mengenai watak masing-masing dari dosen penguji kalian. Tentu kalian yang akan menjalani  sidang bakal diberitahu siapa saja yang akan menguji kalian di hari H bukan? Nah kalian bisa mulai mencari tahu semenjak kalian masih mengerjakan skripsi lho. Cari tahu mengenai watak masing-masing dosen yang ada pada prodi kalian. Selain itu, cari informasi mengenai bagaimana sih proses sidang berjalan, bisa melalui relasi dengan kakak tingkat (kating) atau dengan beberapa teman kalian yang sudah melaluinya.

  1. Pelajari Materi

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembukaan, memahami materi adalah suatu keharusan buat kamu yang bakalan sidang. Dan ini pastinya bakal dilakuin sama semua mahasiswa. Intinya, pelajari semua materi mulai bab pertama hingga akhir, terutama pada bagian yang menurut kalian penting dan bakal ditanya. Siapkan juga buku-buku dari sumber referensi kalian karena itu juga bisa menunjang sidang kalian.

  1. Catat Hal Penting di Tempat Terpisah

Skripsi yang sebegitu tebal dan memiliki banyak halaman bisa kamu akalin dengan mencatat beberapa bagian yang penting di tempat terpisah seperti di kertas. Setelahnya kamu bisa membuat slide show presentasi yang hanya berisi topik yang akan kamu jelaskan. Tidak perlu memuat terlalu banyak tulisan agar kalian nantinya tidak terkesan membaca. Selain itu buatlah urutan bagian-bagian mana yang nantinya akan kalian bahas.

  1. Siapkan Keperluan Sidang Dari Jauh Hari

Selain perlengkapan kalian presentasi, ada baiknya kalian juga mempersiapkan hal-hal lain seperti pakaian yang akan dipakai menjelang sidang. Seperti kebanyakan, pakaian ujian yang digunakan biasanya adalah atasan putih dengan bawahan hitam untuk laki-laki maupun perempuan. Lalu menggunakan almamater sesuai dengan ketentuan kampus masing-masing.

  1. Datang 1 Jam Sebelum Waktu Mulainya Sidang

Hal ini bertujuan agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang yang tertinggal, serta hal-hal lain seperti menyiapkan ruangan. Jangan telat dan usahakan kalian sudah melakukan persiapan seperti mengisi perut agar diri merasa lebih tenang.

  1. Berdoa

Ini adalah hal yang juga biasanya sudah dilakukan oleh banyak mahasiswa tanpa disuruh selain poin nomor 2. Usaha yang akan kalian jalani disertai dengan doa yang kalian panjatkan serta kepercayaan diri akan membantu kalian dalam proses sidang. Jangan lupa juga minta doa dari orang-orang terdekat seperti teman dan kedua orangtua.

  1. Healing

Melakukan healing atau refreshing penting juga lho untuk menetralkan pikiran sebelum kalian menghadapi sidang skripsi. Tidak perlu jauh-jauh, cukup ke wishlist ke tempat perbelanjaan atau wisata kuliner yang berada di sekitar tempat kos kalian. Selain itu karena healing akan membantu kalian mengatasi rasa nervous dan ketegangan yang kalian rasa.

Jadi itu tadi beberapa tips yang akan membantu kalian menghadapi masa-masa sidang skripsi kalian. Buat kalian yang akan menghadapi sidang skripsi, semangat ya. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kalian.

 

Penulis : Risma Nadya F

Editor   : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *