7 Tips dan Trik Meningkatkan Daya Ingat

 

Istilah memori jangka pendek dan jangka panjang sepertinya sudah tak asing di telinga kita. Keduanya merupakan model yang digunakan untuk membantu menjelaskan sistem ingatan dan memori. Ingatan manusia sangat kompleks, dan kedua model tersebut hanya digunakan sebagai gambaran untuk menjelaskannya.

Hal ini terjadi karena stimulus yang datang ke otak kemudian diproses lagi dan disimpan dalam memori jangka pendek atau ditransfer dengan proses pengulangan ke sistem memori jangka panjang. Secara tidak langsung seluruh ingatan akan disimpan terlebih dahulu di memori jangka pendek. Selanjutnya akan ada pilihan antara dibuang atau diulang-ulang lagi sampai masuk ke memori jangka panjang.

Magda Bhinnety, dalam karya tulisnya menjelaskan bahwa memori jangka pendek manusia hanya menyimpan informasi selama kurang lebih 30 detik dan hanya ada tujuh bongkahan informasi yang dapat disimpan dan dipelihara pada sistem tersebut dalam suatu waktu.  Dengan kata lain, manusia hanya menyimpan memori yang sangat sebentar dan hanya sedikit. Itulah mengapa penting untuk kita mempertahankan memori tersebut supaya terhindar dari kelupaan.

Dalam artikel ini akan dibahas top 7 tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mempertahankan daya ingat.

  1. Sadar dan Libatkan Emosi Dalam Setiap Kegiatan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah sadar atau aware terhadap kegiatan yang sedang berjalan. Selanjutnya, lakukan kegiatan tersebut dengan melibatkan emosi/perasaan. Melibatkan perasaan atau emosi dapat memunculkan ingatan-ingatan jangka pendek yang telah tersimpan di dalam otak. Hal ini kemudian dapat memudahkan kita untuk mengingat suatu kejadian ataupun perkara.

  1. Membayangkan Kejadian

Cara meningkatkan daya ingat yang satu ini erat hubungannya dengan melibatkan emosi. Ketika sedang mendengarkan penjelasan atau membaca buku, cobalah untuk membayangkan tentang kejadian dalam cerita tersebut. Dengan membawa pikiran masuk ke dalam sebuah cerita, maka suatu saat nanti bisa diceritakan ulang kepada orang lain. Hal ini dapat melatih otak kita untuk mengingat lebih banyak tentang peristiwa seperti itu.

  1. Lakukan Secara Berulang

Tips ini banyak dikenal dan menjadi tips paling dasar. Untuk mempertahankan ingatan terhadap suatu hal, maka yang harus dilakukan adalah mengulangi berkali-kali. Contoh sederhana ketika akan menghadapi ujian, tentu hal dasar yang dilakukan adalah belajar dan berlatih soal secara berulang ulang hingga terbiasa dan hafal dengan materi tersebut.

  1. Jangan Terlalu Sibuk atau Overload

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah dengan belajar secara terus menerus tanpa jeda. Terlalu sibuk belajar justru membuatmu sulit fokus. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa memori otak hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Setelah beberapa hari atau minggu, justru ingatan tersebut akan hilang begitu saja. Meskipun multitasking itu bagus, tapi kamu harus melakukannya dengan fokus dan balik lagi ke poin 1, libatkan juga emosi.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat sangat berpengaruh pada kemampuan otak. Itulah kenapa sangat disarankan untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari atau tergantung kebutuhan. Kurang tidur bisa membuat kurang fokus, sehingga dalam jangka panjang bisa menurunkan kemampuan otak dalam mengingat. Bahkan bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh.

  1. Menulis dan Mencatat

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah dengan mendokumentasikan kejadian atau kegiatan yang sudah terjadi, bisa dengan cara memotretnya atau menulis dalam buku harian. Beberapa penelitian membuktikan bahwa menulis dengan tangan ternyata lebih efektif dalam meningkatkan memori otak daripada cara lainnya. Bahkan, tulisan tegak bersambung dan kaligrafi memiliki peran yang lebih baik bagi memori di otak. Hal ini karena menulis tegak bersambung dan kaligrafi lebih kompleks. Otak akan berpikir secara terstruktur dan memikirkan kata yang ingin digambar dalam kaligrafinya.

  1. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Masuk ke Dalam Tubuh

Tahap terakhir yang harus dilakukan ketika ingin meningkatkan daya ingat adalah memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Segala sesuatu yang dimakan tentu akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh, termasuk pengaruh suasana hati, energi, hingga memori otak. Untuk mendukung ingatan jangka Panjang, perlu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, Omega-3, folat, dan lain sebagainya.

Itu tadi tujuh tips yang dapat meningkatkan daya ingat dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tahap mana yang sudah kamu lakukan? Apakah bermanfaat juga?

 

Penulis: Sri Fatimah

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.