5 Universitas yang Menawarkan Jurusan Kearsipan

Bagi kamu yang hendak mengambil jurusan kearsipan dan masih bingung dalam menentukan pilihan kampus. Berikut ini adalah 5 rekomendasi universitas yang menawarkan jurusan kearsipan dari jenjang D-III sampai dengan S1 yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk simak artikel berikut.

  1.   Universitas Gadjah Mada (D-III Akreditasi A)

Jurusan ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Jurusan ini berada di bawah Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) Sekolah Vokasi. Fasilitas perkuliahan yang disediakan Jurusan Kearsipan UGM yakni laboratorium arsip konvensional, reference corner, laboratorium arsip audio visual, preservasi, elektronik, dan juga mahasiswa akan mendapat praktik secara langsung tentang kearsipan. Fasilitas yang disediakan oleh jurusan ini sangat lengkap, terlebih jurusan ini sudah menyandang akreditasi A.

  1.   Universitas Indonesia (D-III Akreditasi A)

Jurusan ini awalnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI dengan nama D3 Kearsipan. Namun, kemudian terjadi penggabungan antara jurusan Kearsipan dan Ilmu Perpustakaan yang kini dikenal dengan nama Manajemen Informasi dan Dokumen. Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari pengantar organisasi informasi, dasar-dasar ilmu perpustakaan dan kearsipan, dasar-dasar teknologi dan pengelolaan informasi, deskripsi bibliografi, dasar-dasar dokumentasi, basis data, manajemen perkantoran, dan manajemen korespondensi & kepengurusan surat. Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman secara langsung dari internship yang diadakan oleh jurusan ini. Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa tentunya sangat memadai karena melihat dari akreditasi jurusan ini adalah A.

  1.   Universitas Diponegoro (D-III Akreditasi B)

Jurusan Kearsipan Universitas Diponegoro (UNDIP) saat ini di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya untuk strata D-III. Uniknya gelar yang akan diberikan untuk lulusan dari jurusan ini adalah Ahli Madya Sains Informasi (A.Md.S.I). Di jurusan ini mahasiswa akan diajarkan manajemen kearsipan secara manual atau elektronik. Selain itu, mahasiswa juga akan diberikan mata kuliah dalam bahasa Inggris, bahasa Belanda, komputer, serta internet. Mahasiswa yang mengambil Jurusan Kearsipan di UNDIP juga bisa mengambil berbagai macam peminatan, seperti peminatan rekam medis, peminatan bisnis, peminatan birokrasi, dan peminatan mata kuliah lainnya. Fasilitas kuliah yang akan diberikan adalah IT, perpustakaan, e-learning, pelatihan bahasa asing, dan sebagainya. Juga jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A.

  1.   Universitas Terbuka (D-IV Akreditasi A)

Jurusan Kearsipan di Universitas Terbuka berada di lingkungan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik. Jurusan Kearsipan di Universitas Terbuka ditawarkan untuk jenjang Diploma IV (D4). Di jurusan ini mahasiswa diajarkan cara menerapkan sistem informasi kearsipan beserta penguasaan perkembangan teknologi berkaitan dengan arsip. Selain itu kampus ini juga menjalin relasi dengan institusi di dalam negeri dan institusi luar negeri untuk mengembangkan bidang kearsipan. Universitas ini juga menawarkan pembelajaran yang flexible jadi bagi kamu yang memiliki banyak sekali aktivitas, kamu juga bisa belajar di universitas ini. Selain itu akreditasi dari jurusan ini adalah A.

  1.   Universitas Negeri Padang (D-III Akreditasi B)

Universitas Negeri Padang juga memiliki jurusan Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan yang berada di bawah naungan Fakultas Bahasa dan Seni.  Di kampus yang juga merupakan salah satu kampus ternama di Provinsi Sumatra Barat ini, jurusan kearsipan memiliki konsentrasi dari gabungan ilmu perpustakaan dan kearsipan, berbeda halnya dengan jurusan kearsipan di kampus lain yang memiliki konsentrasi pada ilmu-ilmu kearsipan. Universitas Padang menawarkan jurusan ini di jenjang D-III. Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa jurusan ini tentunya banyak sekali salah satunya mereka dapat belajar hal-hal mengenai arsip dengan melakukan internship di berbagai lembaga. Jurusan di kampus ini sangat direkomendasikan karena sudah memiliki akreditasi B dari BAN-PT.

Nah itu dia 5 rekomendasi universitas yang menawarkan jurusan kearsipan dengan berbagai macam kelengkapan ilmu yang diberikan dan juga fasilitas yang ditawarkan. Jadi, kamu tertarik untuk mendaftar di universitas mana?

 

Sumber berita     : https://ruangreferensi.com/ & https://mamikos.com/

Sumber gambar : https://www.erkafurniture.com/

Reporter             : Alimah Nur Kasanah

Editor                 : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.