5 Universitas Terbaik Dunia Versi Webometrics 2022

Webometrics, lembaga survei pendidikan yang memetakan peringkat seluruh universitas di dunia berdasarkan website resmi yang dimiliki setiap universitas, kembali mengeluarkan hasil penilaiannya pada tahun 2022. Tahun ini, Webometrics kembali hadir dan mencatat ranking kurang lebih dari 22 ribu kampus yang tersebar di seluruh dunia. Penilaian dari lembaga survei ini memiliki tiga poin penilaian penting, yaitu impact rank, openness rank, dan excellence rank.

Dari puluhan ribu kampus yang telah dicatatkan rankingnya oleh Webometrics ini, ada 5 kampus dunia yang menduduki posisi teratas. Inilah kelima kampus tersebut yang berada di puncak rangking Webometrics :

1. Harvard University

Sumber: KalderaNews.com

Posisi pertama berhasil diduduki oleh Harvard University, kampus yang termasuk dalam daftar Ivy League ini berlokasi di Boston, Amerika Serikat. Jika ditanya mengenai kualitas, kampus yang berada di negara bagian Amerika Serikat, yaitu Massachusetts ini memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kampus almamater Barack Obama ini pun berhasil duduk di posisi satu dengan skor sempurna yaitu 1 untuk impact rank, 1 untuk openness rank, dan juga 1 untuk excellence rank.

2. Stanford University

Sumber: Kompas.com

Pada urutan kedua juga ditempati salah satu kampus yang berada di Amerika Serikat, yaitu Stanford University. Kampus yang selalu menjadi langganan kampus terbaik dunia ini berhasil menduduki posisi dua dengan nilai 3 untuk impact rank, 2 untuk openness rank, dan 4 untuk excellence rank.

3. Massachusetts Institute of Technology

Sumber: Detik.com

Lagi-lagi posisi top 3 diduduki kampus yang berlokasi di Amerika Serikat, kali ini posisi 3 diduduki oleh Massachusetts Institute of Technology yang juga berlokasi di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Almamater dari Jonah Peretti yang merupakan founder dari Buzzfeed ini berhasil menduduki posisi 3 dengan total nilai 2 untuk impact rank, 4 untuk openness rank, dan 10 untuk excellence rank.

4. University of California Berkeley

Sumber: KalderaNews.com

Posisi keempat kembali ditempati oleh salah satu Universitas yang ada di Amerika Serikat, yaitu University of California Berkeley. Almamater dari banyak tokoh penting dunia seperti Chris Pine, James Harris Simons, James Harris Simons, dan masih banyak tokoh penting lainnya ini berhasil mendapatkan nilai 4 untuk impact rank, 3 untuk openness rank, dan 18 untuk excellence rank.

5. Oxford University

Sumber: scholarsofficial.com

Oxford University yang berlokasi di kota Oxford, Inggris ini menjadi satu-satunya universitas top 5 universitas terbaik versi Webometrics 2022 yang berlokasi di luar Amerika Serikat. Kampus dengan gedung bergaya gothic and baroque ini mendapatkan total nilai 14 untuk impact rank, 6 untuk openness rank, dan 5 untuk excellence rank.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.