5 Universitas Islam Yang Bisa Jadi Pilihan Kamu Melanjutkan Kuliah di Kota Pelajar

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar karena banyaknya kampus yang berdiri di kota ini. Berdasarkan data statistik pariwisata DIY, sebanyak 135 perguruan tinggi yang meliputi 27 universitas, 59 sekolah tinggi, 8 institut, 10 politeknik, dan 31 akademi ada di kota pelajar ini. Jebolan alumni kampus di Jogja juga banyak yang sukses dan terkenal di bidangnya, seperti di dunia politik, pendidikan, budaya, sains, kesehatan, dan lainnya. Bahkan beberapa kampus di Jogja sudah masuk dalam kategori kampus dunia versi Webometrics. Dari banyaknya kampus di Jogja, beberapa diantaranya adalah perguruan tinggi yang berlabel Islam. Mari simak ulasan berandakampus.com mengenai 5 Universitas Islam di Jogja!

(Sumber : viva.co.id)
  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

UMY masuk dalam kategori 500 universitas terbaik vesi QS World University Rankings Asia 2021. Kampus yang memiliki slogan muda mendunia ini telah memiliki segudang prestasi yang diraih mahasiswa dan dosennya di bidang akademik dan non akademik dalam skala regional, nasional, dan interasional. Kampus ini memiliki 3 program vokasi, 23 program studi, 7 program magister, 3 program doctor, dan 5 program pendidikan profesi. Dimana terdapat 8 program studi memiliki program studi internasional dengan pengantar materi menggunakan Bahasa Inggris. UMY juga memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa untuk mengikutu program pertukaran mahasiswa ke mitra universitas UMY di dunia, seperti Universite Mont-Blanc di Spanyol, Istanbul Medeniyet University di Turki, Sun Moon University di Korea Selatan, SIAS University, dan lainnya.

(Sumber : uii.ac.id)
  1. Universitas Islam Indonesia

Universitas ini terletak di Kawasan Sleman dan berjarak sekitar 20 km dari Puncak Gunung Merapi. UII menawarkan 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doctor, dan 3 program profesi dengan berbagai disiplin ilmu, seperti bidang bisnis, hukum, sosial, teknik, kedokteran, dan lainnya. Kampus yang sudah terakreditasi A sejak 2013 ini memiliki 70% program studi yang telah meraih akreditasi A. Bahkan, beberapa diantaranya telah meraih sertifikasi dan akreditasi dari lembaga internasional. UII memiliki komitmen untuk memberikan kesempatan pada anak muda Indonesia untuk mengenyam pendidikan yang luas dengan menawarkan berbagai skema beasiswa seperti Beasiswa Hafiz Al-Qur’an 15 juz dan 30 juz, Beasiswa Duafa, Beasiswa Santri Unggulan UII, Beasiswa Atlet & Juara Seni, dan  Beasiswa Unggulan.

(Sumber : news.uad.ac.id)
  1. Universitas Ahmad Dahlan

UAD berdiri pada 18 November 1960 yang berlokasi di Kawasan Umbulharjo Yogyakarta. Kampus ini sebelumnya merupakan Insititut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta. Kampus ini memiliki sebelas fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sains dan Fakultas Teknologi Terapan, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Kedokteran, Fakultas Agama Islam, Fakultas  Psikologi, Fakultas Farmasi, Sastra, Fakultas  Budaya dan Komunikasi, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UAD memiliki wadah pengembangan kemampuan mahasiswa dengan menyediakan komunitas yang dibentuk untuk mengasah bakat dan minat. Kemudian ada Unit Kegiatan Mahasiswa yang menjadi wadah aktivitas mahasiswa yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa yang tidak diperoleh dari perkuliahan dan organisasi mahasiswa yang dibina oleh fakultas dan prodi masing-masing untuk mengembangkan potensi mahasiswa. 

(Sumber : republika.co.id)
  1. Universitas ‘Aisyiyah

Kampus ini dulu memiliki nama STIKES ‘Aisyiyah yang telah berganti nama menjadi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) pada 10 Maret 2016. Kampus ini memiliki 3 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dengan 12 program studi, Fakultas Sains dan Teknologi dengan 3 program studi, dan Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora dengan 5 program studi. Kampus ini memiliki program beasiswa dengan sasaran mahasiswa UNISA program sarjana Keperawatan dan Fisioterapi, Program diploma III Kebidanan, dan program diploma IV Bidan Pendidik.  Adapun jenis program beasiswa terbagi menjadi beasiswa internal yang terbagi menjadi beasiswa bantuan studi mahasiswa dan beasiswa peningkatan prestasi studi. Kemudian terdapat beasiswa eksternal yang sumber dananya berasal dari UNISA, seperti beasiswa beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dan PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) Kopertis, Beasiswa BNI 46, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Dikpora DIY, dan lainnya.

(Sumber : ucy.ac.id)
  1. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Universitas Cokroaminoto adalah perguruan tinggi swasta yang berdiri pada 1955 di Surakarta di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Surakarta. Namun pada 1979, Universitas Cokroaminoto pindah lokasi ke Yogyakarta dengan mendirikan yayasan baru, yaitu Yayasan Perguruan Tinggi Islam Cokroaminoto Yogyakarta.  Kampus ini memiliki Fakultas Hukum dengan prodi Ilmu Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan prodi Pendidikan Matematika, Keguruan dan Pendidikan. Kemudian Fakultas Ekonomi dengan prodi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Agama Islam dengan prodi Ilmu Agama Islam dan Ilmu Hukum, serta Fakultas Teknik dengan prodi Teknik Sipil. Dengan lima fakultas yang berdiri saat ini, Universitas Cokroaminoto berkembang dan berkomitmen untuk mencetak lulusan kader bangsa yang patriotik, mandiri dan kompeten pada bidang masing-masing.

 

Penulis : Indri Fahra Febrina

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.