5 Universitas Bergengsi di Negeri Gingseng

Korea Selatan tidak hanya terkenal dengan K-POP yang sudah mendunia. Ibukota Seoul ini juga memiliki universitas bergengsi kelas dunia yang dilengkapi dengan program kuliah unggulan dibandingkan universitas lain. Mari simak 5 universitas bergengsi yang ada di Korea Selatan apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di sana.

Seoul National University, sumber : pinterest.com

1. Seoul National University

Seoul National University atau SNU menjadi universitas terbaik di Korea Selatan dan berada di peringkat 37 universitas terbaik dunia. Kampus ini didirikan pada 22 Agustus 1946 dengan menggabungkan 10 perguruan tinggi yang ada di wilayah Seoul. Ada 16 fakultas program sarjana, 99 program magister dan doktoral, serta 10 sekolah profesional. SNU telah menjalin kerjasama dengan 700 institusi akademik dan World Bank.  SNU juga berkontribusi pada penelitian dengan banyak lembaga penelitian ternama seperti Big Data Institute, Greenbio Research Complex, Institute for Research in Finance and Economics, and Asia Institute for Energy, Environment and Sustainability. Sebagai kampus bergengsi, SNU telah menghasilkan para alumni berpengaruh di Korea Selatan, seperti Aktris Kim Tae Hee, Sekretaris Jenderal Ke-9 PBB Bank Ki Moon, Presiden sipil pertama Korea Selatan Kim Young-sam hingga artis sopran Sumi Jo.

 

 

Sumber : indonesiamengglobal.com

2. Korea Advanced Institue of Science and Technology (KAIST)

KAIST menjadi institusi pendidikan tinggi pertama di Korea Selatan yang berorientasi pada penelitian sains dan teknologi. KAIST memiliki 7 program studi terbaik yaitu teknik dan teknologi, kimia, teknik kimia, teknik sipil dan arsitektur, teknik listrik dan elektronika, teknik mekanik, dan ilmu materi. Universitas ini menyediakan program kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk jurusan Kimia Biologi, Teknik Biomedis, Neurosains dan Robotik. Kampus yang berlokasi di Daejeon ini telah meraih banyak penghargaan bergengsi, seperti World Most Innovative Universities dan Asia Most Innovative Universities. KAIST memberikan kesempatan belajar pada mahasiswa internasional melalui program beasiswa rutin setiap tahun bernama KAIST International Student Scholarship. Ayo segera persiapkan dirimu!

 

Sumber : korea.edu

3. Korea University

Korea University berdiri sejak tahun 1905 dan menjadi kampus nasional pertama yang dibiayai dan dikelola secara mandiri oleh warga Korea Selatan. Kampus yang berada di pusat kota Seoul ini meenerima 4.500 siswa internasional setiap tahunnya dengan rincian 2.000 mahasiswa melanjutkan studi dan 2.500 mahasiswa yang belajar dalam semester pendek. Universitas ini menyediakan jenis beasiswa beragam bagi mahasiswa internasional seperti Global KU Scholarship, U21 Scholarship, APRU Scholarship, dan KGSP Scholarship. Korea University memiliki alumni yang cerdas di bidangnya seperti Lee Myung Bak sebagai CEO Hyundai Engineering and Construction, Ah-Joong sebagai aktris, Kim Yuna sebagai atlet skating, dan Park Chu Young sebagai pemain sepak bola.

 

 

4. Yonsei University

Sumber : aseanov.com

Universitas yang berdiri sejak 10 April 1885 ini mengusung konsep ‘smart campus’ yang bisa digunakan pihak kampus untuk memberikan informasi penting pada mahasiswa dengan bantuanteknologi. Kampus ini memiliki 3 program internasional yaitu, Yonsei International Summer School yang diikuti mahasiswa dari 30 negara, Winter Abroad at Yonsei yang dimulai pada akhir Desember dengan kegiatan selama 3 minggu, dan Study Abroad at Yonsei yang merupakan program pertukaran mahasiswa yang berlangsung selama 1 tahun atau 1 semester. Kampus ini juga memiliki festival yang mengundang penyanyi dan selebriti terkenal Korea Selatan sebagai pengisi acara. Blackpink, EXO, Ikon, Girls Generation, Twice dan Winner pernah mengisi acara festival tahunan Yonsei University.

 

 

Sumber : konsultanpendidikan.com

5. Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University merupakan universitas di Korea Selatan yang menerapkan konfusianisme atau filososi yang dibawa oleh filsuf Kong Hu Cu. Kampus yang berdiri sejak zaman dinasti Joseon ini memiliki moto kemanusiaan, kebenaran, kesopanan dan kebijaksanaan. Sehingga tidak hanya menekankan dalam ilmu pengetahuan, melainkan juga bagaimana menjadi manusia yang sesungguhnya dan berprikemanusiaan. Kampus yang berdiri sejak 1398 ini memiliki kemitraaan bidang teknologi dan bisnis dengan Samsung terkait pengembangan perangkat lunak, rekayasa komunikasi, rekayasa energi, nanoteknologi, kedokteran dan hukum. Kemudian di bidang kedokteran, Sungkyunkwan berafiliasi dengan Samsung Medical Center yng berlokasi di Irwon Dong, Gangnam Gu, Seoul.

 

 

Penulis : Indri Fahra

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.