5 Tips Perangi Rasa Malas Menulis Skripsi

Skripsi adalah karya tulis ilmiah dari hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir guna memperoleh tingkatan strata satu (S1). Skripsi dan rasa malas menjadi satu hal yang beririsan dalam proses pengerjaannya. Malas suatu keadaan ketika seseorang menghindari pekerjaan yang seharusnya dapat ia kerjakan. Rasa malas ini juga biasanya disebabkan karena ada aktivitas lain yang lebih menarik dari yang sedang dihadapi. Tapi tahu ga sih? Malas itu suatu hal yang malah bisa membuat kalian tidak berkembang dilansir dari pijarpsikologi.org (28/09/21) perilaku malas sering dikaitkan dengan suatu kegagalan dan ketidakproduktifan karena perilaku malas merupakan perilaku yang prokrastinasi (menunda – nunda) dan idleness (berdiam diri tanpa melakukan apa – apa).

Bagi kalian mahasiswa tingkat akhir tentu saja harus bisa memerangi rasa malas tersebut, alih – alih hanya mengeluh dengan segala hambatan skripsimu lebih baik membangun kesadaran dalam diri sendiri, Oleh karena itu, berikut tips untuk menghilangkan rasa malas saat skripsi

1. Menahan Godaan               

 Dalam menulis skripsi pasti ada saja godaannya, namun godaan terbesarnya yaitu, scroliing sosial media, entah itu Instagram, Twitter atau bahkan TikTok tanpa disadari hal tersebut membuat kita nyaman dan akhirnya menunda pekerjaan. Oleh karena itu untuk menghadapi situasi ini kalian bisa kurangin aktifitas bermain sosmed dengan menjauhkan smartphone kalian saat akan menulis skripsi tujuannya agar kalian dapat fokus.

2. Buatlah Deadline Mandiri

Sistem deadline dalam penugasan yang diberikan oleh dosen pada semester – semester sebelumnya dapat kalian terapkan dalam pengerjaan skripsi kalian. Hal ini dapat menjadi alert buat kalian.

3. Sering- seringlah pergi ke Kampus untuk Mengunjungi Perpustakaan

Biasanya saat kalian di rumah rasa malas cenderung lebih banyak, hal itu wajar karena rumah sejatinya memang tempat untuk istirahat. Oleh karena itu, untuk mengsiasati hal tersebut kalian sering – seringlah untuk pergi mengunjungi perpustakaan digital di kampus untuk menulis skripsi kalian.

4. Berkumpullah dengan teman yang memiliki semangat mengerjakan skripsi 

Langkah ini mungkin sangat berpengaruh untuk memacu kalian menulis skripsi. Secara tidak langsung jika berkumpul dengan teman – teman yang memiliki semangat mengerjakan skripsi maka kalianpun akan tertular.

5. Cari tempat nyaman untuk mengerjakan skripsi       

Jika kalian merasa malas mengerjakan skripsi di rumah ataupun di perpustakaan kampus maka alternatif lainnya kalian bisa mengunjungi café – café yang memiliki fasilitas yang mendukung untuk mengerjakan skripsi kalian.

Dari ke – 5 tips diatas ada satu hal yang paling penting yaitu Konsisten dalam menjalankannya. Semoga tips diatas dapat membantu ya!!  semangat para pejuang skripsi !! Jika kalian tertarik dengan artikel ini sila menambahkan respon di kolom komentar ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.