5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Milenial

Kepribadian, kemampuan komunikasi atau atribut personal yang memang dibutuhkan untuk dapat memberikan performa baik di dalam segala aktivitas, ataupun kemampuan yang kamu miliki untuk berinteraksi dengan lingkungan merupakan sebuah kemampuan yang dinamakan “Softskill”. Softskill sangat penting untuk dimiliki terutama untuk mahasiswa. Karena pastinya akan banyak permasalahan yang akan kamu hadapi sebagai mahasiswa. Berikut 5 Softskill yang wajib mahasiswa miliki:

1. Skill Memecahkan Masalah yang Kompleks

Seiring berkembangnya zaman tentunya pergaulan, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi semakin berkembang. Hal ini pun tentu akan menyebabkan banyaknya permasalahan yang muncul. Di sini kamu sebagai mahasiswa dituntut untuk mampu mengatasi dan bahkan menyelesaikan masalah yang terjadi. Baik itu dalam berorganisasi, berkerja, bahkan yang datang pada diri kamu sendiri. Dengan cara memberikan atau membentuk sebuah solusi atau ide cemerlang yang datang dari dirimu.

2. Berfikir Kritis

Hal ini salah satu bagian yang penting dalam menyelesaikan sebuah masalah. Dengan memiliki kemampuan yang kritis, maka kamu mampu untuk menganalisa dimana letak permasalahan terjadi. Selain itu dengan berfikir kritis juga menunjukkan bahwa kamu memiliki kepekaan terhadap keadaan sekitar yang sedang bermasalah dengan lebih jernih dan rasional.

3. Berfikir Kreatif

Berfikir kreatif bisa juga disebut dengan pelengkap dari berfikir kritis. Karena dengan berfikir kreatif kamu dapat menemukan cara atau jalan keluar dari sebuah masalah dengan cara yang jauh lebih efektif. Dengan berfikir kreatif pun dapat menjadikan kamu memiliki ide-ide gagasan atau solusi yang beragam.

4. Skill Berkomunikasi yang Baik

Cara meningkatkan soft skill komunikasi adalah dengan mulai belajar mendengarkan orang lain serta mulai memahami orang lain. Setelah kamu mulai mendengarkan dan memahami orang lain, kamu bisa memilih cara komunikasi yang baik terhadap orang lain. Keterampilan yang satu ini memang sangat baik dimiliki baik untuk generasi muda terlebih khusus mahasiswa.

5. Mampu Berkerjasama Dengan Orang Lain

Di era kolaborasi seperti sekarang, mampu bekerja sama dengan orang lain merupakan poin plus tersendiri. Jangan kamu anggap bekerja sendiri bakal terlihat keren, justru mereka yang mampu bekerja sama dengan siapapun akan semakin sukses ke depannya. Dengan berkerjasama dengan orang lain kamu dapat belajar dan juga memperluas kenalanmu.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.