5 Situs Akurat Untuk Kamu yang Sedang Cari Jurnal Internasional

Jurnal Ilmiah adalah tulisan akademik berkala berupa laporan penelitian yang bertujuan untuk mengupas dan menginformasikan ilmu pengetahuan yang baru ditemukan atau dikembangkan. Jurnal merupakan salah satu karya tulis ilmiah. Jurnal umumnya berisi sejumlah referensi yang menjadi referensi untuk setiap penulisan artikel.

Pada umumnya Jurnal Ilmiah dibutuhkan untuk kebutan tugas matakuliah ataupun kebutuhan skripsi mahasiswa. Namun, tak jarang jurnal bervariatif dalam segi bahasa. Ada yang menggunakan Bahasa Indonesia ataupun menggunakan Bahasa Internasional. Bahasa Internasional yang dimaksud adalah Bahasa Inggris. Kesulitan mencari jurnal ilmiah berbasis Internasional yang akurat sering menjadi topik permasalahan bagi mahasiswa ataupun kalangan tertentu.

Maka berikut daftar situs terpercaya yang dapat kamu akses, untuk mendapatkan Jurnal Ilmiah Internasional :

  1. Academi.edu

Situs Academia.edu merupakan situs yang cukup popular di kalangan mahasiswa dan dosen secara umum. Situs ini dilengkapi dengan keamanan, dimana untuk mengakses atau mendownload jurnal keselurahan dibutuhkan login registration terlebih dahulu. Biasanya, dapat menggunakan Google ataupun Facebook. Jurnal dalam situs ini biasanya juga dijadikan wadah bagi para akademisi untuk berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan. Bahkan dapat dijadikan wadah untuk berbagi hasil karya ilmiah yang telah selesai.

  1. Google Schoolar

Situs ini biasanya popular di kalangan pelajar. Akses Google schoolar umumnya lebih mudah dibandingkan situs lainnya. Untuk mencari jurnal yang diinginkan cukup dengan memasukkan keywords dari jurnal yang diinginkan. Tidak hanya itu situs ini menyajikan berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, dan literatur ilmiah lainnya secara gratis. Akses untuk jurnal juga tidak membutuhkan login atau registrasi terlebih dahulu.

  1. Ebsco

Situs ini cukup berbeda dari situs lainnya. Karena situs ini cenderung lebih lengkap dari situs lainnya. Sebab situs ini menyediakan jurnal dari berbagai macam kategori mulai dari kesehatan hingga kemiliteran. Namun akses untuk jurnal ini memerlukan registrasi terlebih dahulu. Artinya, tidak dapat diakses dengan bebas.

  1. Microsoft Academic

Situs ini menyediakan jurnal dengan dua versi bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Akses pencarian jurnal menggunakan situs ini menggunakan kata kunci beragam. Biasanya seperti kata kunci topik, penulis ataupun program studi dari jurnal tersebut. Selain itu akses jurnal Microsoft Academic tergolong lebih mudah, namun memang tidak semua jurnal dapat diakses bebas. Karena beberapa jurnal dapat diakses dengan syarat registration terlebih dahulu.

  1. F1000Research

Jurnal-jurnal yang ada dalam situs ini semuanya menggunakan Bahasa Inggris. Jika kita mencari jurnal berbahasa Indonesia di dalam situs ini, maka kita tidak akan bisa menemukannya. Dari awal masuk situs akan disambut dengan tatanan menu dengan Bahasa inggris. Situs ini merupakan kumpulan jurnal ilmiah penelitian. Namun situs ini sedikit lebih sulit diakses dalam pencarian jurnal, karena harus menggunakan keyword yang tepat.

Itulah 5 situs jurnal yang bisa kalian jadikan referensi bila sedang atau akan melakukan penelitian atau penulisan artikel ilmiah. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.