5 Sekolah Musik Terkenal di Dunia

Kini, berkarir di dunia seni musik sudah mulai banyak diminati. Hal ini berkaca dari para musikus yang sukses besar mengembangkan karier bermusiknya setelah mengeyam pendidikan di sekolah khusus musik. Seperti Isyana Sarasvati yang berhasil menjadi penyanyi papan atas di Indonesia setelah lulus dari Royal College of Music London. Sekolah musik memberikan pendidikan terkait teori musik, keterampilan teknik vokal, komposisi, dan instrumen musik. Sekolah ini juga akan mengenalkan para mahasiswanya dengan berbagai aliran musik, seperti rock, jazz, pop, blues, reggae, dan sebagainya. Sehingga tiap mahasiswa bisa menemukan aliran musik yang sesuai dengan dirinya sekaligus bisa mengekspresikannya dalam bermusik. Berikut 5 sekolah musik terkenal di dunia yang menjadi idaman calon mahasiswa.

  1. The Juilliard School
(https://www.juilliard.edu/news/13215/juilliard-school-brief-overview)

Juilliard School merupakan kampus swasta di Amerika Serikat dengan spesialisasi seni pertunjukan tari, drama, dan musik. Sekolah yang terletak di Lincoln Center of Performing Arts, New York City ini mendapat peringkat kampus terbaik pertama di dunia dalam seni pertunjukan versi QS World University Rangkings by Subject 2021. The Juilliard School masih menjadi sekolah yang memiliki konsevatorium bergensi di dunia. Sekolah ini menjadi salah satu universitas dengan penerimaan siswa paling sedikit di dunia, karena The Juilliard School hanya menerima 6,7 persen dari ribuan pendaftar. Beberapa program studi yang tersedia di The Juilliard School antara lain, seni vokal, jazz, komposer, konduktor orkestra, dan sebagainya. Sekolah ini rutin menyelenggarakan pertunjukkan seni untuk mengasah sekaligus menampilkan kemampuan para mahasiswanya. Adapun musisi ternama lulusan The Juilliard School adalah Miles David, YoYo Ma, Renée Fleming, dan Bernard Herrmann.

 

  1. Royal College of Music
(https://artuk.org/visit/venues/royal-college-of-music-7407)

Royal College of Music adalah sekolah pendidikan musik yang didirikan oleh Pangeran Wales Edward VII pada tahun 1882. Sekolah musik tempat Isyana Sarasvati menimba ilmu ini mempeoleh peringkat pertama di Inggris dan kedua di Benua Eropa sebagai institusi seni pertunjukan terbaik pada QS World Rangking 2018. Letak kampus musik ini berhadapan dengan Royal Albert Hall, sebuah ruangan konser yang paling berharga dan terkenal di Kota London. Royal College of Music memiliki 9 fakultas, yaitu bass, komposisi, konduktor, historical performance, keyboard, perkusi, strings, vokal, dan woodwind. Seluruh fakultas tersebut berkolaborasi untuk menciptakan sebuah musik ansambel di konservatorium. Institusi musik di Britania Raya ini juga membuka kesempatan pada mahasiswanya untuk belajar di beberapa kota di 4 benua di dunia, seperti Amerika dan Australia. Royal College of Music telah menghasilkan alumni yang berprestasi di bidangnya, seperti Komposer Holst, Konduktor Leopold Stokowski, Penyanyi Dame Joan Sutherland, dan Instrumentalis Sie James Galway.

 

3.     University Of Music And Performing Arts Vienna

(https://www.wikiwand.com/en/University_of_Music_and_Performing_Arts_Vienna)

Universität für Musik und darstellende Kunst Wien atau The University of Music and Performing Arts Vienna adalah kampus musik klasik yang terletak di Kota Vienna, Austria. Institusi pendidikan musik yang sering disingkat MdW ini memiliki beragam pilihan studi terkait musik, mulai dari berbagai genre musik, instrumental, dan sosiologi musik. Adapun jurusan di MdW yaitu teori komposisi musik, konduktor, studi instrumentalis, musik gereja, program drama, film dan televisi, dan pendidikan musik yang memiliki turunan pendidikannya lagi. Semua jenjang studi di University of Music and Performing Arts Vienna ini terbagi dalam diplomstudium, bachelorstudium, masterstudium, lehramtsstudium, dan Doctor of Philosophy. Alumnus Kampus MdW yang namanya sangat terkenal di dunia musik klasik yaitu Wolfgang Amadeus Mozart dan Franz Joseph Haydn.

 

  1. Curtis Institute of Music
(https://www.greelane.com/id/sumber/untuk-siswa-dan-orang-tua/curtis-institute-of-music-admissions-786894/)

Curtis Institufe of Music adalah sekolah musik spesialisasi opera yang terletak di Kota Philadelphia, Amerika Serikat. Institusi musik ini hanya menerima 4% pendaftar atau sekitar 165 orang dari ribuan pendaftar setiap tahunnya. Hal tersebut membuat sekolah musik tersebut menjadi sekolah yang sangat selektif dalam penerimaan mahasiswa baru dibandingkan kampus yang tergabung dalam grup Ivy League. Siswa yang ingin menimba ilmu di Curtis Institute of Music harus datang langsung untuk mengikuti proses seleksi, karena sekolah ini tidak memberlakukan seleksi melalui pengiriman video maupun audio. Nantinya, mahasiswa yang diterima akan belajar mengenai musik di opera, seperti gitar, harpa, piano, vokalisasi, konduktor, dan strings. Adapun musisi dunia yang menjadi alumni Curtis Institute of Music adalah Leonard Bernstein, Lang Lang, dan Haochen Zhang.

 

  1. Royal Academy of Music
(https://universitycompare.com/universities/royal-academy-of-music/)

Royal Academy of Music adalah konservatori tertua di Negara Inggris yang terkenal dengan tenaga pengajarnya yang profesional, kaya akan cakrawala musik, dan mengembangkan profesi musikus kreatif. Sekolah musik ini didirikan oleh John Fane dan Nicolas-Charles Bochsa pada tahun 1822. Royal Academy of Music pernah meraih peringkat ke-4 sebagai Complete University Guide dan peringkat ke-3 di Guardian University Guide pada tahun 2018. Pendidikan di kampus musik ini terbagi menjadi 22 departemen musik, seperti konduktor, harpa, jazz, organ, timpani, perkusi, dan opera. Setiap departemen musik memiliki jenjang pendidikan di tingkat sarjana dan pascasarjana. Musisi terkenal yang berasal dari Royal Academy of Music adalah  Elton John, Annie Lennox, Felicity Lott, dan Simon Rattle.

 

Penulis : Indri Fahra

Editor : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.