5 Platform Rekomendasi Buat Kuliah Online-mu di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 seharusnya tidak menyurutkan aktivitas yang biasa kita lakukan di luar rumah, namun akibat masa pandemi seperti ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja dan harus tetap produktif. Kuliah di rumah misalnya, menjadi aktivitas adaptasi baru dalam rangka menghindari kerumunan publik sesuai dengan kebijakan Kemendikbud yang memutuskan kuliah di rumah yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Oleh karena itu, untuk memanfaatkan kuliah dalam jaringan pastinya membutuhkan media aplikasi online yang tepat dan nyaman selama proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Berikut platform pembelajaran rekomendasi yang harus kamu coba saat kuliah online versi berandakampus.com :

1. Zoom Meeting

Pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi online yang kerap sekali digunakan untuk pembelajaran online selama pandemi Covid-19 ini. Zoom Meeting merupakan teknologi yang dirintis oleh Perusahaan Teknologi Komunikasi dari Amerika Serikat yang berfungsi untuk memudahkan diskusi atau konferensi termasuk digunakan untuk pembelajaran yang dilakukan jarak jauh. Beberapa kelebihan kalau kita memakai aplikasi Zoom untuk pembelajaran online diantaranya adalah zoom memiliki kapasitas ruang yang besar sehingga memudahkan kita dalam berkomunikasi selama diskusi. Tak tanggung-tanggung Zoom Meeting memberikan 1.000 akses bagi anggota dalam satu forum diskusi, kelebihan lainnya Zoom memiliki fitur beraneka ragam yaitu fitur edit wajah buat kamu kaum rebahan kalau lagi kuliah online. Kelebihan lainnya memiliki kualitas akses tinggi pada suara dan gambar yang tersedia, dan juga akses dengan kualitas tinggi pada layar presentasi demi kemudahan dan kenyaman selama pembelajaran online sehingga proses pembelajaran kuliah online sama halnya kualitasnya dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Namun setiap penggunaan apikasi online Zoom Meeting ini pastinya juga memiliki segi kelemahan, seperti boros dalam penggunaan kuota data, dan juga harus stabil dalam akses kualitas internet. Penggunaan aplikasi ini juga pastinya memakan banyak baterai, baik yang menggunakan PC ataupun HP.

2. Google Classroom

Berbeda dengan aplikasi video konferensi seperti Zoom Meeting, Google meet atau MS.Team, Google Classroom merupakan platform pembelajaran online yang juga populer untuk proses pembelajaran jarak jauh yang dikembangkan oleh Google yang memiliki fungsi untuk membantu mahasiswa dan dosen untuk mengorganisir tugas, meningkatkan komunikasi dua arah dengan baik. Dilansir dari kompas.com menurut Lembaga Arus Survei Indonesia, Google Classroom menempati posisi teratas untuk platform yang paling sering digunakan saat pembelajaran daring di masa pandemi saat ini. Fungsi platform ini juga sebagai bentuk forum antara mahasiswa dan dosen yang sedang berdiskusi sesuai dengan topik materi perkuliahan yang dibalas melalui kolom komentarnya, mengumpulkan tugas, dan juga bisa mengakses materi yang dibagikan oleh dosen. Beberapa kelebihan dari Google Classroom adalah sangat mobile Friendly untuk pemula yang didesain dengan sederhana dari menu dan fiturnya agar mempermudah dalam proses diskusi. Kemudian platform ini mudah digunakan untuk mengelola tugas yang diberikan, dan satu lagi, jangan khawatir jika materi kuliah kita hilang atau lupa tersimpan karena Google Classroom akan menyimpan dokumen materi perkuliahan secara otomatis melalui Google drive dalam berbagai format. Kelebihan lainnya adalah, kita tidak akan lupa tugas-tugas kuliah kapan dikumpulkan, karena di Google Classroom sudah ada pengaturan penjadwalan dan pengingat pengumpulan tugas, walaupun kekurangan dari Google Classroom ini memiliki tampilan yang sedikit membosankan.

3. Google Meet

Masih sama dikembangkan oleh Google, Google Meet ini memiliki fungsi yang sama dengan platform konferensi seperti Zoom Meeting dan Microsoft Teams sebagai bentuk metode pembelajaran online secara real-time. Bahkan menurut Lembaga Arus Survei Indonesia, Google Meet merupakan aplikasi kedua terbanyak yang digunakan setelah aplikasi Zoom Meeting. Penggunaan aplikasi Google Meet ini pun mudah digunakan dalam sistem operasi apapun dari mulai desktop, android ataupun iOs, sehingga aplikasi ini lebih mudah digunakan bagi pemula yang sedang mengakses video konferensi sebagai metode pembelajaran. Sisi lain, Google Meet juga dapat diintegrasikan secara langsung dalam Google Classroom sesuai dengan jadwal kuliah daring. Walaupun sama halnya dengan aplikasi Zoom, model aplikasi seperti ini memiliki kelemahan seperti boros penggunaan kuota data internet dan baterai smartphone atau laptop yang digunakan.

4. Ms.Teams

Microsoft Teams atau yang biasa disebut dengan MS. Teams meupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan fungsi seperti halnya Zoom Meeting dan Google Meet sebagai video konferensi dan aplikasi ini digunakan sebagai metode pembeljaran jarak jauh selama pandemi. Microsoft Teams merupakan salah satu aplikasi yang terintegrasi dari berbagai aplikasi di Microsoft Office 365. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan sebagai metode pembelajaran, seperti dapat berinteraksi dengan semua siswa maupun individu melalui fitur chatting, membuat kelas dan membagi kelompok, menjadwalkan kuliah secara berkala. Kemudian membuat kelompok diskusi saat kuliah berlangsung secara daring dengan masing-masing kelompok yang memiliki room meeting sendiri dan bisa dipantau oleh dosen. Memberikan evaluasi secara daring kepada mahasiswa, membagikan bahan materi kuliah dalam bentuk video, PPT, Pdf, dokumen word, dan lain sebagainya. Selain itu, Zoom Meeting juga dapat diintegerasikan dengan aplikasi office 365 lain seperti form, sway, powerpoint, word, excel, dan lainnya. Bahkan aplikasi pihak ke-3 seperti game edukasi, LMS lain, portal pembelajaran, dan video pembelajaran dari youtube juga bisa diintegrasikan. Walaupun kelemahannya tidak semua sekolah dapat menggunakan aplikasi ini jika tidak mendaftarkan ke akun Microsoft, dan juga harus menyediakan koneksi internet yang baik dan stabil.

5. MyKlass

Berbeda dengan empat aplikasi sebelumnya, MyKlass merupakan aplikasi pembelajaran jarak jauh yang dikembangkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai sistem pembelajaran e-learning berbasis moodle yang memiliki fitur lengkap, seperti dosen dapat memberikan materi dalam bentuk tulisan, video maupun audio serta aktivitas online lainnya seperti penugasan, kuis dan games sebagai metode pembelajaran yang asik. Tidak hanya itu, MyKlass juga dilengkapi fitur forum online dan chat sebagai bentuk forum diskusi dan koordinasi antara mahasiswa dan dosen. Kelebihan lainnya lebih menekankan pada kualitas pembelajarannya yang dimonitor dan dievaluasi langsung oleh tim khusus di UMY. Penggunaan MyKlass sudah tercatat 85% mata kuliah yang tersedia. Walaupun, yang bisa mengakses fitur MyKlass hanya mahasiswa aktif UMY aja ya. Jadi kalau sobat berandakampus ingin menikmati fitur MyKlass pastikan terdaftar sebagai mahasiswa UMY.

Nah, dari beberapa penjabaran beberapa aplikasi online rekomendasi buat kamu yang lagi kuliah online, kira-kira mana nih yang paling sering sobat berandakampus gunakan?

Penulis : Sofia Hasna

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.