5 Kiat Terbitkan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa

Menerbitkan artikel di jurnal ilmiah adalah bagian penting dari karir akademik dan dapat membantu mahasiswa dalam mencapai tujuan akademik dan profesional. Namun, bagi sebagian mahasiswa, publikasi artikel di jurnal dapat terlihat menakutkan dan membingungkan.

Berikut ini tim Beranda Kampus rangkumkan beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa melakukan publikasi artikel di jurnal.

Pertama-tama, mahasiswa harus memilih jurnal yang sesuai dengan topik artikel yang diangkat. Ada banyak jurnal ilmiah yang berbeda dengan berbagai fokus dan lingkup. Mahasiswa harus memilih jurnal yang cocok dengan topik artikel yang diangkat dan pastikan bahwa artikel kalian sesuai dengan gaya penulisan yang diinginkan oleh jurnal tersebut.

Kedua, mahasiswa harus mempelajari pedoman penulisan jurnal yang ditetapkan oleh jurnal yang dipilih. Setiap jurnal memiliki persyaratan penulisan yang berbeda, termasuk panjang artikel, format referensi, dan jenis gambar yang diperbolehkan. Mahasiswa harus memastikan bahwa artikel yang diangkat memenuhi persyaratan penulisan jurnal yang dipilih.

Ketiga, mahasiswa harus mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk artikel yang akan diangkat dengan hati-hati dan merujuk pada sumber yang dapat dipercaya. Artikel jurnal harus didukung oleh data yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, mahasiswa harus melakukan penelitian dengan teliti dan memastikan bahwa data yang kalian gunakan berasal dari sumber yang terpercaya.

Keempat, mahasiswa harus memperhatikan gaya penulisan yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Artikel jurnal harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan mengikuti struktur penulisan yang jelas dan teratur. Mahasiswa juga harus memperhatikan kualitas tata bahasa dan ejaan dalam artikel.

Kelima, mahasiswa harus memperhatikan proses review jurnal yang ketat. Setelah mengirimkan artikel ke jurnal, mahasiswa harus siap menerima kritik dan saran dari reviewer yang mungkin mengarahkan kalian untuk melakukan revisi pada artikel yang kalian tulis. Mahasiswa harus bersabar dan bersedia untuk melakukan revisi pada artikel yang ditulis sebanyak yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan jurnal.

Dalam kesimpulannya, publikasi artikel di jurnal adalah proses yang kompleks dan membutuhkan waktu. Namun, dapat membantu mahasiswa mencapai tujuan akademik dan profesional kalian. Mahasiswa harus memilih jurnal yang sesuai dengan topik artikel yang dipilih, mempelajari pedoman penulisan jurnal yang ditetapkan oleh jurnal yang dipilih, mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan dengan hati-hati, memperhatikan gaya penulisan yang jelas, dan memperhatikan proses review jurnal yang ketat. Dengan mengikuti tips-tips ini, kalian dapat melakukan publikasi artikel di jurnal dengan sukses.

 

Source: https://pak.kemdikbud.go.id/ and https://internationaljournallabs.com/

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *