5 Kampus ini Memiliki Gedung Rektorat yang Unik dan Menarik!

Setiap kampus memiliki ciri khas masing-masing, dari jumlah fakultas dan prodi yang dimiliki, fasilitas yang disediakan kampus untuk mahasiswa sampai dengan bagungan yang unik dan menarik yang kerap kali menjadi salah satu spot foto para mahasiswa. Nah berikut ini adalah 5 universitas yang memiliki bentuk gedung rektorat yang cukup unik dan menarik, penasaran? Yuk baca artikel ini!

 

1. Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta

Gedung rektorat ini sudah dibangun sejak 1959, dan gedung rektorat ini merupakan bangunan pertama yang bergaya modern di Indonesia pada zaman itu. Pembangunan gedung tiga lantai di kompleks Bulaksumur ini langsung diperintahkan oleh Soekarno. Presiden Soekarno meminta langsung GPH Hadinegoro yang merupakan lulusan dari Technische Hooge School, Delft, Belanda tersebut untuk menjadi arsitek dan membangun gedung ini. Wah menarik yaa!

sumber : web.faperta.ugm.ac.id

2. Universitas Padjajaran – Bandung

Gedung rektorat ini diresmikan pada 5 Januari 2012. Proses pembangun gedung ini dilakukan dengan sayembara membuat desain gedung rektorat melalui Panitia Sayembara dan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) pada 2009. Hingga akhirnya terpilihlah Yogi Yogama Suhamdan sebagai pemenang dengan judul karya Lembur Awi. Yang cukup menarik pembangunan gedung ini diawali dengan peletakan batu pertama dan batu yang digunakan adalah batu tertua di Pulau Jawa yang diperkirakan memiliki umur lebih dari 136 juta tahun.

Sumber : unpad.ac.id

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta – Yogyakarta

Gedung rektorat ini sendiri memiliki makna yang cukup unik yakni bentuk dua gedung kembar yang difilosofikan sebagai buku dibuka. Buku sendiri memiliki filosofi yang merupakan sumber ilmu. Tahun 1997 adalah tahun dimana gedung induk atau yang biasa disebut gedung kembar AR. Fachruddin A dan AR. Fachruddin B ini selesai dibangun dengan tinggi enam lantai dan luas tiap lantainya sebesar 7.800 M2. Pembangunan gedung rektorat ini juga menandai pembangunan gedung-gedung lainnya di kampus terpadu UMY secara bertahap hingga saat ini.

Sumber : ti.umy.ac.id

4. Universitas Andalas – Padang

Nah ini dia salah satu gedung rektorat yang disebut-sebut mirip dengan markas Power Rangers. Menariknya juga gedung ini meletakkan bukit di belakangnya sehingga semakin mirip dengan markas tersebut. Menarik sekali bukan?

Sumber: unand.ac.id

5. Institut Pertanian Bogor

Gedung rektorat ini memiliki nama Andi Hakim Nasution. Sama seperti bangunan lain di sekitar IPB. yang menjadi unik dan menarik adalah bentuk gedung ini didominasi dengan bentuk segitiga. Bahkan jika dilihat dari atas, bangunan ini tampak seperti piramida. Menarik sekali bukan?

Sumber : aktuaria.ipb.ac.id

Nah itu dia 5 gedung rektorat yang unik dan menarik yang bisa jadi referensi untuk kamu kunjungi. Apakah kampusmu termasuk salah satunya?

 

Reporter : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.