5 Kampus Dunia dengan Perpustakaan Terbaik

Fasilitas yang dimiliki oleh sebuah kampus menjadi salah satu pertimbangan besar ketika mahasiswa memutuskan universitas tujuan mereka. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama selain kurikulum dan pengajar, biasanya adalah fasilitas perpustakaan. Apakah perpustakaan menyediakan sumber yang lengkap untuk mendukung pembelajaran mahasiswanya, atau apakah gedung perpustakaan yang disediakan untuk mahasiswa nyaman untuk dijadikan tempat belajar atau tidak. Nah di bawah ini sudah ada beberapa kampus dengan gedung perpustakaan unik, dan pastinya juga nyaman sehingga bisa mendukung proses belajar para mahasiswa dengan baik.

1. University of Oxford, Bodleian Library

https://www.alumni.ox.ac.uk/offers/libraries-oxford

Sebagai kampus paling bergengsi di dunia, University of Oxford memiliki perpustakaan dengan arsitektur yang tidak main-main. Selain dari gedungnya yang megah, perpustakaan bergaya gotik ini juga merupakan salah satu perpustakaan tertua dan terlengkap di Eropa. Perpustakaan ini bahkan memiliki lebih dari 11 juta koleksi barang yang bisa diakses penuh oleh mahasiswa.

2. Johns Hopkins University, George Peabody Library

https://www.thedailybeast.com/peabody-library-baltimore-the-worlds-most-beautiful-libraries

Perpustakaan milik Johns Hopkins University ini memiliki gedung yang sangat megah. Tentu saja kemegahan gedung ini adalah karena dirancang langsung oleh Edmund George Lind yang merupakan salah satu arsitek yang sangat handal. Gedung perpustakaan ini memiliki banyak sekali sumber buku yang bisa di akses baik oleh mahasiswa dan juga masyarakat umum.

3. University of Chicago, The Joe and Rika Mansueto Library

https://www.archdaily.com/143532/joe-and-rika-mansueto-library-murphy-jahn

Perpustakaan milik University of Chicago ini memang memiliki gedung yang sangat unik, salah satu mahakarya dari Helmut Jahn ini bahkan dilengkapi dengan Robot Assistant di dalamnya, robot ini bertugas untuk membantu para pengunjung dalam menemukan buku yang mereka cari. Walaupun terhitung perpustakaan baru, The Joe and Rika Mansueto Library yang baru berdiri 10 tahun silam ini sudah mampu menyediakan referensi yang sangat lengkap untuk menunjang pembelajaran para mahasiswanya.

4. Library of Trinity College Dublin

https://www.headbox.com/spaces/18711-book-the-old-library-trinity-college-dublin

Jika kamu merupakan penggemar berat Harry Potter, maka kamu akan merasakan suasana seperti di dalam film tersebut ketika memasuki perpustakaan milik salah satu Universitas di Irlandia ini. Universitas milik Trinity College Dublin ini dikenal dengan nama The Old Library dan merupakan perpustakaan terbesar dan terlengkap di se-antero Irlandia.

5. Cambridge University Library

https://www.cam.ac.uk/stories/ReopeningLibraries

Gedung perpustakaan milik Cambridge University ini merupakan karya dari salah satu arsitek terkenal, Giles Gilbert Scott, dimana ia juga merupakan arsitek dari banyak gedung terkenal di dunia seperti Lady Margareth Hall dan Katedral Liverpool. Selain dari gedung yang megah, perpustakaan ini dilengkapi oleh banyak sekali referensi yang bisa diakses baik oleh mahasiswa ataupun masyakarat umum.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.