5 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada Satu di Kampus di Indonesia

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki beragam program studi atau jurusan yang memang menjadi jurusan favorit bagi yang ingin mendaftar menuju jenjang perkuliahan.

Namun kali ini, Beranda Kampus akan membahas beberapa jurusan yang hanya ada satu di kampus yang ada di Indonesia. Menariknya, walau hanya ada satu di Indonesia tetapi jurusan ini tidak sepi akan peminat. Apa saja jurusan tersebut? Yuk kita bahas!

  1. Sastra Belanda

 

Jurusan ini hanya bisa ditemukan di Universitas Indonesia (UI). Sebagaimana jurusan sastra lainnya, sastra belanda mempelajari seputar sejarah, budaya, sastra dan linguistik dalam bahasa Belanda. Pada tahun 2018, jurusan Sastra Belanda UI mendapatkan akreditasi A.

Jumlah pendaftarnya sendiri sebanyak 439 pendaftar pada 2021, sedangkan daya tampungnya pada 2022 hanya berada di angka 15 kursi. Keketatan persaingan untuk memasuki jurusan Sastra Belanda adalah sebanyak 3,87%.

  1. Astronomi

Jurusan yang hanya ada di ITB ini sendiri bisa diambil setelah kalian berkuliah selama 2 semester dengan mengambil fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Jurusan ini memiliki akreditasi A dan untuk passing grade yang harus dicapai yaitu 47,8%.

  1. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Kalian bisa menemukan jurusan ini di Institut Pertanian Bogor (IPB). Jurusan ini diperuntukkan bagi kalian yang berminat masuk ke Saintek dan sebelumnya merupakan lulusan dari kelas IPA di jenjang SMA. Jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A pada 2018.

Peminat dari jurusan ini sendiri sebanyak 151 orang pendaftar pada 2021. Dan pada tahun 2022 mencapai 490 pendaftar. Untuk daya tampungnya sendiri pada 2022 hanya berjumlah 35 kursi. Passing grade yang harus dicapai adalah 27% untuk kalian yang ingin mendaftar ke jurusan ini.

  1. Teknik Transportasi Laut

Adalah Pendidikan Tinggi di Bidang Teknik Transportasi Laut pertama di Indonesia. Jurusan ini memiliki akreditasi B dan termasuk jurusan termuda di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Berbeda dengan program studi teknik lain yang lebih bersifat product oriented, teknik transportasi laut lebih bersifat function and demand oriented. Fungsi yang menjadi fokus teknik transportasi laut merupakan turunan dari kebutuhan pengguna jasa dalam proses angkutan laut, baik pada level makro maupun mikro. Sedangkan produk yang terkait dengan bidang ilmu teknik transportasi laut adalah kapal dan pelabuhan, sehingga terdapat keterkaitan antara teknik transportasi laut dengan ilmu teknik lainnya, khususnya teknik perkapalan dan teknik sipil. Menjadi pelopor berdirinya forum komunitas teknik transportasi laut yang disebut Forum Pendidikan Tinggi Teknik Transportasi Laut,  yang beranggotakan Universitas Hasanuddin dan Universitas Pattimura.

Sebanyak 110 pendaftar tertarik untuk masuk ke jurusan ini pada 2021 sedangkan daya tampungnya pada tahun 2022 sebanyak 15 kursi saja.

  1. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan yang hanya berada di Universitas Airlangga ini merupakan kelompok rumpun Saintek. Terakreditasi Baik dan merupakan bagian dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin di Unair. Sesuai dengan namanya yang mengandung unsur robotik dan kecerdasan buatan, jurusan ini mempelajari tentang beberapa gabungan ilmu seperti elektronika, komputer hingga sistem mekanika.

Terdapat 312 pendaftar yang berminat untuk masuk ke jurusan ini pada 2021 sedangkan pada tahun 2022, hanya terdapat 32 kursi saja yang tersedia di jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan buatan. Daya tampungnya sendiri meningkat dari tahun 2021 sebanyak 9,62% dari 30 kursi menjadi 32 kursi.

 

Penulis : Risma Nadya F

Editor   : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *