5 Jenis Pertanyaan Saat Interview Kerja

Ketika pertama kali melamar kerja tentu merupakan momen yang mendebarkan. Seringkali kita khawatir dan bertanya-tanya apakah kualifikasi kita sesuai dengan perusahaan atau tidak. Dan timbul pertanyaan bagaimana cara melewati setiap tahapan.

Ada beberapa tahap sebelum akhirnya kita diterima di sebuah perusahaan. Salah satunya ada tahap interview, di sanalah Anda akan diuji kemampuan menjawab pertanyaan, berbicara, bersikap, dan seberapa baik Anda mendeskripsikan diri.

Nah untuk mengerti tentang pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan oleh rekrutmen kepada pelamar kerja, serta bagaimana cara menjawabnya. Simak tips dari Berandakampus berikut ini.

1. Perkenalkan/Gambarkan tentang Diri Anda

Pertanyaan ini biasanya bertujuan untuk mengetahui karakter dasar Anda. Sebab karakter seorang pekerja adalah aspek penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang memiliki karakter kuat tentunya akan menarik perhatian tim rekrutmen untuk kemudian direkomendasikan ke perusahaan. Terlebih jika karakter yang Anda miliki ternyata sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Maka dari itu sesuaikan gambaran diri Anda dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Selalu gambarkan karakter diri dengan pilihan kalimat yang positif. Contohnya, jika melamar sebagai marketing maka jelaskan saja Anda pandai bergaul, memiliki cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Begitu juga dengan jenis pekerjaan yang lain, Anda bisa menjelaskan dengan awalan seperti; saya memiliki komitmen yang tinggi, mudah bekerjasama, jujur, pekerja keras, dan lain sebagainya. Pastikan karakter yang disebutkan sesuai dengan karakter Anda sesungguhnya.

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Bagi seorang pelamar kerja wajib hukumnya untuk mengetahui perusahaan yang ia tuju. Oleh karena itu biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengetahuan calon karyawan terhadap visi dan misi pekerjaan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kita fokus pada sisi positif perusahaan. Jangan sampai Anda membandingkan dengan perusahaan lain yang serupa, atau perusahaan terdahulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan yang membuat Anda sangat tertarik untuk bergabung.

Mulailah riset pribadi misalnya dengan mengunjungi web perusahaan, media sosial yang mereka punya, sudah melakukan apa saja perusahaan tersebut. Carilah info sebanyak-banyaknya.

3. Berikan Penjelasan Mengenai Pekerjaan yang Dilamar

Sangat penting untuk memahami posisi yang dilamar. Hal itu berkaitan dengan tugas di perusahaan di kemudian hari apabila Anda berhasil lolos. Perusahaan biasanya sulit untuk mentolerir orang yang tak mengerti dengan tugas-tugasnya, karena itu berarti butuh waktu lama untuk membuat pekerja baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Lagi-lagi Anda perlu untuk mencari informasi dari manapun, yang sekiranya akan menjadi tanggung jawab Anda ke depan.

4. Mengapa Tertarik Bergabung dengan Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini merupakan upaya perusahaan untuk mencari motivasi yang sesungguhnya. Setiap perusahaan tentu berharap mendapatkan pekerja yang loyal.

Hindari menjawab dengan kalimat ‘karena suasana kerja di sini lebih nyaman dan gaji yang tinggi’. Anda bisa menjawab dengan mulai karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan. Atau bisa saja Anda sudah memiliki pengalaman di bidang pekerjaan tersebut.

5. Berapa Gaji yang Diinginkan

Ini merupakan pertanyaan yang mengecoh dan sulit untuk dijawab. Setiap perusahaan memiliki standar gaji masing-masing untuk setiap posisinya, jadi disarankan Anda sudah mengetahui besaran gaji yang biasa diterima karyawan di perusahaan tersebut.

Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan. Jelaskan bagaimana ekspektasi, tapi tetap dalam standar perusahaan. (Sumber: cermati.com)

Penulis: Habibi

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.