5 Hal yang Seharusnya Mahasiswa Baru Dapatkan Ketika Ospek Online

Pandemi Covid-19 memang belum selesai, tapi pendidikan tetap harus berjalan. Setiap kampus pun tetap menjalankan masa orientasi atau yang biasa dikenal dengan ospek mahasiswa meskipun kini semua kampus diharuskan melakukan ospek ini secara online. Banyak pula kampus yang akhirnya kini sudah bisa beradaptasi dengan persiapan ospek yang semua dilakukan secara online.

Sesuai panduan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) bahwasannya mahasiswa baru yang mengikuti masa orientasi dari kampus harus mendapatkan edukasi tentang 5 hal ini:

  1. Kehidupan berbangsa, bernegara serta pembinaan kesadaran terhadap bela negara

Hal pertama ini berisikan tentang pemahaman mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika, pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme, dan paham-paham yang bertentangan dengan ideologi negara. pemahaman hak dan kewajiban bela negara, serta pembinaan gerakan nasional revolusi mental.

      2.  Sistem Pendidikan Indonesia

Sistem pedidikan Indonesia juga perlu dijelaskan terlebih lagi keadaan sistem belajar mengajar sudah tak sama lagi seperti sebelum datangnya pandemi Covid-19. Diantaranya; pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program kreativitas dan inovasi mahasiswa, pengenalan nilai budaya, tata krama, etika, norma kehidupan kampus, plagiarisme, kiat sukses dan motivasi belajar di perguruan tinggi, dan kebutuhan mahasiswa yang lainnya di bidang pendidikan.

      3.  Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus masa pandemi

Mahasiswa akan diajak beradaptasi dengan kondisi saat ini, yaitu era revolusi industri 4.0. Selain itu juga mengenal kehidupan baru pasca pandemi (new normal). Materi tersebut penting, mengingat saat ini masyarakat perlu bertahan hidup di tengah pandemi.

     4.  Manajemen risiko, mitigasi bencana dan kesiapsiagaan di perguruan tinggi

Mahasiswa perlu menyadari pentingnya merawat lingkungan hidup dan bersiap siaga menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. Perguruan tinggi dapat mendeskripsikan materi lebih teknis dan metode pelaksanaan yang disesuaikan dengan karakteristik berdasarkan kebutuhan masing-masing dengan tetap berpedoman pada panduan dari Dikti.

      5.  Kesadaran lingkungan hidup serta kampus sehat

Yang terakhir adalah mengingatkan mahasiswa akan kesadaran lingkungan hidup serta kampus sehat, dengan tetap menganjurkan mahasiswa untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Khususnya ketika berada di kampus jika kampusnya sudah menerapkan sistem kuliah luring/offline. Serta memperketat kebersihan tempat tinggal jika masih melakukan kuliah secara online/daring.

 

Gambar : Kegiatan Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Maba UMY) tahun 2021

Penulis : Aliem Javier 

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.