5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Kehidupanmu Setelah Lulus Kuliah

Buat kalian para mahasiswa, pasti sering berkutat dengan yang namanya tugas kuliah bahkan sampai yang namanya skripsi. Sembari mengerjakan tugas-tugas tersebut, kamu pun terkadang membayangkan betapa menyenangkannya nanti kehidupan setelah perkuliahan. Tetapi, tahukah kamu sebenarnya ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk menunjang kehidupanmu setelah lulus nanti.

1. Kuasai Materi Teori Selama Perkuliahan

Yang wajib kamu lakukan pertama kali adalah menguasai teori-teori yang kamu peroleh selama masa perkuliahan. Ada delapan semester yang kamu tempuh dan pastinya ada banyak sekali ilmu yang dapat kalian serap dan terapkan. Sangat disayangkan banyak mahasiswa yang dengan mudahnya melupakan materi-materi yang pernah mereka dapatkan. Walaupun di dunia kerja lebih banyak menggunakan praktik akan tetapi kamu masih perlu ilmu-ilmu dasar yang kalian dapatkan dari perkuliahan.

2. Kuasai Teknologi

Hal wajib kedua adalah kamu harus menguasai teknologi. Tidak dapat dipungkiri saat ini kita sudah mulai terbiasa dengan hal-hal yang bersifat online atau tidak tatap muka secara langsung. Mulai dari perkuliahan yang diadakan secara online, tugas yang dikumpulkan secara online dan lain sebagainya. Sama halnya juga saat di dunia kerja nanti kamu sudah tidak ada waktu untuk kaget ketika segala halnya menggunakan mesin bahkan dioperasikan dari jarak jauh atau online.

3. Perbanyak Pengalaman dan Relasi

Hal wajib ketiga yaitu kamu perlu memperbanyak pengalamanmu dan juga relasi. Kampus pastinya menyediakan kesempatan untukmu mulai dari kegiatan magang ataupun volunteer. Kegiatan magang biasanya dilakukan agar kamu mendapatkan pengalaman kerja secara langsung. Lalu kegiatan volunteer biasanya berupa berorganisasi, UKM, bahkan kegiatan sosial. Volunteer akan menjadikan kamu terbiasa dengan lingkungan yang berkerja bersama tim. Membangun kerja sama demi misi yang tercapai. Tentunya dari kegiatan tersebut bisa menjadikan kamu memiliki banyak relasi.

4. Mengenal Potensi Diri

Selanjutnya yang juga wajib kamu siapkan yaitu kamu perlu mengenali dirimu sendiri. Kemampuan apa yang kamu miliki, dan potensi apa yang dapat berkembang dalam dirimu. Hal tersebut perlu kamu lakukan, karena sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa tujuanmu hingga dapat benar-benar mewujudkannya. Dengan mengenali kemampuanmu kamu dapat dengan yakin untuk memilih langkah apa yang akan kamu lakukan selanjutnya.

5. Attitude yang Baik

Attitude merupakan poin paling penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, entah mahasiswa maupun yang sudah bekerja. Apabila keempat poin di atas sudah dipersiapkan dan dikuasai namun tidak dibarengi dengan perilaku yang baik, maka hal tersebut percuma saja dan akan menjadi sesuatu yang amat disayangkan. Tak sedikit orang yang memiliki kemampuan hebat, namun perilakunya tidak mencerminkan dari kemampuan tersebut.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.