5 Hal Yang Perlu Kalian Siapkan Ketika Kuliah Offline

Pandemi di dunia berangsur-angsur menurun angka penularannya, begitu pula di Indonesia. Data dari Satgas Covid-19 menunjukan bahwa Indonesia menggalami penurunan dratis seiring dengan angka vaksinasi yang meningkat. Akibatnya, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki PPKM level 1 dan 2 dimana sekolah tatap muka diperbolehkan dengan beberapa ketentuan dan persyaratan seperti wajib vaksin dan taat prokes.

Figure 2 : Data Covid Indonesia from JHU CSSE Covid-19 Data

Hal tersebut juga berdampak pada proses perkuliahan yang sudah mulai diujicoba untuk kelas tatap muka atau hybrid yaitu dual mode, online dan offline. Kabar ini tentunya menjadi kabar baik bagi seluruh mahasiswa seluruh Indonesia. Setelah penantian dan kesabaran yang luar biasa akhirnya para mahasiswa mampu merasakan gegap gempitanya kuliah tatap muka. Lalu, apa sajakah yang harus kalian persiapkan dari masa transisi online ke offline? Yuk simak hal-hal apa saja yang kalian harus persiapkan.

  1. Masker dan Hand sanitizer

Meskipun angka penularan Covid-19 sudah semakin menurun dan menurun, bukan berarti Covid-19 itu tidak ada. Virusnya masih ada dan kemungkinan kalian tertular masih bisa. Jangan sepelekan prosedur kesehatan ketika pandemi. Persiapkan masker dan selalu siapkan hand sanitizer kalian. Selain kalian menjaga keselamatan diri sendiri, hal ini juga mendukung program pemerintah untuk selalu taat prokes meskipun angka Covid-19 sudah menurun. Pakailah masker, dan jaga jarak meskipun kalian kuliah tatap muka.

  1. Materi Perkuliahan Selama Online

Sebenarnya tidak ada bedanya entah kalian belajar online atau offline, prosesnya tetap sama yaitu belajar. Nah, ketika kalian kuliah tatap muka, jangan lupa untuk merapikan catatan kuliah online kalian ya. Materi yang dibawakan dosen ketika kuliah tatap muka dan online pastilah sama. Maka karena itu, jangan sampai kalian tidak tau apa-apa karena kalian terlalu santai dalam perkuliahan online. Yuk rapikan materi-materi onlinemu!

  1. Persiapkan Buku dan Alat Catat

Kuliah online dengan kemudahannya membuat mahasiswa lupa bahwa cara mengikat ilmu paling baik adalah dengan menulis. Hanya karena materi dari dosen sudah berupa PDF atau PPT maka mereka malas mencatat apa saja yang sudah disampaikan oleh dosen. Nah, ketika kalian kuliah offline, jangan lupa persiapkan buku dan alat catatnya ya. Meskipun penggunaan laptop diperbolehkan di dalam kelas, namun catatlah beberapa hal penting agar supaya mudah diingat.

  1. Pelajari Beberapa Informasi Tentang Kampusmu!

Dikarenakan kuliah online tidak perlu datang ke kampus, bukan berarti kalian tidak diwajibkan untuk mengetahui beberapa informasi standar di kampus kalian. Apakah kalian bisa membayangkan ketika hari pertama tatap muka dan kalian tidak tahu dimana ruang kuliahnya? Ahh pasti sangat memalukan. Oleh karena itu, mulailah pelajari informasi tentang kampusmu, pelajari denahnya atau sekedar follow akun media sosialnya untuk mendapatkan info terbaru.

  1. Cari tahu tempat-tempat penting sekitar kampusmu!

Jauh dari orang tua menuntut kalian untuk selalu mandiri dan berdikari. Jangan sampai untuk mencari makan dan kebutuhan pokok di sekitar kampus kalian merasa kebingungan. Mulailah memetakan daerah sekitar kampus kalian. Pelajari beberapa lokasi dan informasi penting di sekitar kampus kalian seperti toko kelontong terdekat, apotek terdekat, pusat informasi dan beberapa tempat penunjang kegiatan perkuliahan kalian.

Itulah lima hal yang harus kalian persiapkan ketika perkuliahan offline sudah digelar. Jangan sampai kalian asing dengan kampus dan perkuliahan offline. Kesempatan offline ini adalah kesempatan emas kalian untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berdikari. Persiapkan hal-hal di atas ya sehingga kalian bisa menjadi mahasiswa yang cemerlang baik online atau offline model.

 

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.