5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berkuliah di Ilmu Komunikasi UMY

Ilmu komunikasi merupakan cabang ilmu yang mempelajari komunikasi dalam berbagai lingkup, yaitu individu, kelompok, organisasi, dan lainnya. Jurusan ini memiliki peminat yang terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, ilmu komunikasi masuk dalam 10 program studi soshum yang paling diminati calon mahasiswa tahun 2020 lalu. Tak ayal apabila jurusan ini menjadi salah satu disiplin ilmu dengan ketetatan seleksi masuk yang cukup tinggi. Contohnya pada penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dimana kuota penerimaan mahasiwa prodi ilmu komunikasi lebih cepat ditutup dibandingkan jurusan lainnya. Hal ini semakin menunjukkan betapa banyak orang yang ingin mengeyam pendidikan di jurusan yang dijuluki ‘jago ngomong’ ini.

Berbicara prodi ilmu komunikasi UMY, maka tak lepas dari fasilitasnya yang selalu mengikuti perkembangan zaman dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Prodi ini memiliki tiga konsentrasi, yaitu Public Relations, Broadcasting, dan Advertising, dimana setiap konsentrasinya memiliki wadah untuk mengimplementasikan ilmu ke dalam praktik. Nah, jika kamu tertarik kuliah di Ilmu Komunikasi UMY, maka kamu akan bisa merasakan fasilitas-fasilitas kece ini.

Ruang Negosiasi. Sumber : ik.umy.ac.id

1. Ruang Negosiasi

Ilmu komunikasi UMY memiliki mata kuliah teknik negosiasi, dimana mahasiswa akan belajar mengenal dasar-dasar negosiasi, cara bernegosiasi yang benar, hingga praktik negosiasi. For your information, kecakapan mengolah kata dan menguasai materi menjadi poin penting yang harus dipersiapkan sebelum bernegosiasi. Adapun fungsi dari ruang negosiasi yaitu untuk memfasilitasi dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai konsultan profesional dalam mempresentasikan materi kepada klien. Asyik bukan ?

Ruang Co-working Space. Sumber : ik.umy.ac.id

2. Co-working Space

Belakangan ini, co-working space semakin mudah ditemukan di coffee shop di kota-kota besar. Namun, jika kamu menjadi mahasiswa ilmu komunikasi UMY, kamu tidak perlu mengerjakan tugas atau kerja kelompok di coffee shop. Prodi ini memiliki ruangan co-working space yang bisa mahasiswa gunakan untuk menuntaskan tugas, berdiskusi suatu topik, hingga menciptakan ide kreatif. Ruangan ini memiliki suasana cozy ditambah tersedianya bean bag warna-warni yang bisa menambah semangat kamu untuk belajar.

Ruang Podcast. Sumber : ik.umy.ac.id

3. Ruang Podcast

Ilmu komunikasi UMY menyediakan fasilitas sesuai dengan perkembangan zaman. Seperti memiliki ruangan podcast dengan fasilitas mumpuni untuk memproduksi konten audio. Selain itu, tersedia equipment kamera dan layar monitor yang bisa memproduksi konten audio visual sekaligus. Sehingga, mahasiswa bisa mengembangkan bakat dan pengetahuannya dengan memproduksi informasi menarik dalam bentuk rekaman audio.

Studio Foto. Sumber : ik.umy.ac.id

4. Ruangan Foto Studio

Prodi ilmu komunikasi UMY memiliki studio fotografi semi profesional dengan berbagai peralatan yang memadai. Mahasiswa bisa menggunakan ruangan ini untuk tugas-tugas kuliah, seperti foto produk, foto model, dan sebagainya. Suasana ruangan yang semi profesional membuat mahasiswa bisa merasakan bagaimana rasanya berada di ruangan foto studio di luar kampus. Ruangan ini juga biasa digunakan untuk foto identitas diri anggota himpunan mahasiswa jurusan dan organisasi yang ada di ilmu komunikasi UMY. Apakah tertarik menjajal ruangan foto studio, Sob ?

Ruangan Lab Biru. Sumber : ik.umy.ac.id

5. Ruangan Lab Biru

Sebagai prodi ilmu komunikasi yang memiliki konsentrasi broadcasting, tentu memiliki wadah praktik penyiaran dengan berbagai peralatan yang mendukung. Ilmu komunikasi UMY memiliki Lab Biru untuk simulasi proses teknis dan kreatif yang ada di televisi. Mahasiswa bisa belajar bagaimana menjadi presenter, cameraman, audio man, dan pengarah gaya/tata letak. Selain itu, mahasiswa juga dapat belajar menggunakan green screen yang biasa dipakai di dunia penyiaran dan mengatur audio serta visual di control room. Suasana ruangan ini bisa di set sesuai rencana penyiaran yang dibuat.

 

Penulis : Indri Fahra

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.