5 Fakta Menarik tentang Waseda University, Kampusnya Jerome Polin!

Sumber : instagram.com/jeromepolin/

Siapa sih yang tidak kenal dengan youtuber yang satu ini. Pemilik akun youtube Nihongo Mantappu yang telah memiliki lebih dari 6 juta subscribers yang memiliki nama lengkap Jerome Polin cukup populer di Indonesia. Kepopulerannya sendiri bermula dari dirinya kerap kali membagikan konten-konten edukasi dan pengalaman kuliahnya bersama teman-temannya yang biasa disebut Waseda Boys di salah satu universitas bergengsi yang ada di Jepang dengan gaya kocaknya!

Jerome Polin atau biasa dipanggil Jerome adalah salah satu mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa dan berkuliah di Universitas Waseda. Penasaran dengan Universitas Waseda, nah ini dia beberapa fakta menarik tentang Universitas Waseda!

  1. Salah satu universitas tertua di Jepang.

Universitas Waseda adalah salah satu universitas penelitian swasta Jepang di Shinjuku, Tokyo. Yang berdiri pada 21 Oktober 1882 oleh salah seorang cendekiawan samurai dan politisi era Meiji dan mantan perdana menteri yang bernama Ōkuma Shigenobu. Awalnya universitas Waseda adalah Tōkyō Senmon Gakkō oleh Ōkuma Shigenobu, namun sekolah ini sendiri secara resmi berganti nama menjadi Universitas Waseda pada tahun 1902.

Sumber: waseda.jp

      2. Memiliki lebih dari 50.000 mahasiswa.

Universitas Waseda memiliki tiga puluh enam departemen: tiga belas diantaranya adalah strata  sarjana dan dua puluh tiga strata pascasarjana. Universitas ini menjadi salah satu universitas dengan jumlah mahasiswa cukup banyak yakni hingga Mei 2016, terdapat 42.860 mahasiswa S1 dan 8.269 mahasiswa pascasarjana. Selain berdiri sebagai kampus pusat di Shinjuku, Universitas  waseda juga memiliki beberapa kampus yang berdiri di beberapa kota diantaranya di Chūō, Nishitōkyō, Tokorozawa, Honjō, dan Kitakyūshū.

      3. Salah satu kampus paling bergengsi di Jepang!

Universitas Waseda secara konsisten menempati peringkat teratas diantara universitas paling selektif dan bergengsi secara akademis dalam peringkat universitas di Jepang. Universitas ini sendiri sering bersaing dengan Universitas Keio sebagai universitas swasta terbaik di Jepang. Pada 2020–2021, Universitas Waseda berada di peringkat ke-189 dalam QS World University Rankings. Universitas Waseda adalah salah satu jenis universitas di Jepang terpilih dan diberi pendanaan tambahan di bawah Proyek Universitas Global Top MEXT untuk meningkatkan daya saing pendidikan dalam skala global Jepang.

     4. Memiliki perpustakaan universitas terbaik di Jepang.

Perpustakaan Universitas Waseda menjadi salah satu perpustakan universitas terbaik di jepang karena secara kolektif sendiri merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Jepang dan saat ini memiliki sekitar 4,5 juta volume dan 46.000 serial.

Sumber: waseda.jp

      5. Memiliki alumni-alumni universitas yang keren!

Universitas Waseda telah memiliki lebih dari 600.00 alumni yang cukup terkenal dan sukses di bidangnya masing-masing, mulai dari politisi terkemuka, pengusaha, penulis, arsitek, atlet, aktor, musisi, ilmuwan, dan mereka yang telah mendapatkan ketenaran nasional dan internasional. Termasuk tujuh Perdana Menteri Jepang, juga banyak tokoh penting sastra Jepang, termasuk salah satu novelis yang karyanya sudah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa yakni Haruki Murakami. Banyak lulusan yang menjadi CEO, termasuk Tadashi Yanai, CEO UNIQLO; Nobuyuki Idei, mantan CEO Sony,;Takeo Fukui, mantan presiden dan CEO Honda; Norio Sasaki, mantan CEO Toshiba; Lee Kun-hee, Mikio Sasaki, mantan Ketua Mitsubishi; dan Hiroshi Yamauchi dan Shuntaro Furukawa, mantan Presiden Nintendo saat ini masing-masing. Dan masih banyak lagi alumni-alumni dari Universitas Waseda yang berkompeten loh!

Haruki Murakami, Sumber : Britannica.com

Nah itu dia 5 fakta menarik yang bisa kamu ketahui dari Universitas Waseda, nah bagaimana, tertarik untuk melanjutkan studi di universitas Waseda?

 

Sumber : id.wikipedia.org

Penulis : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.