5 Bot Telegram yang Bakal Membantu Kegiatan Kamu Sebagai Mahasiswa

Sebagai mahasiswa yang hidup di era serba digital, tentu kalian paham bahwa kegiatan belajar atau mencari ilmu tidak hanya dapat dilakukan di kampus saja. Tentu saja sebagai mahasiswa kita akan mencoba mencari informasi sekaligus ilmu untuk bisa berkembang di luar sekat-sekat kelas pada perkuliahan. Apalagi di masa pandemi yang menuntut semua kegiatan dilakukan serba digital. Mulai dari proses perkuliahan yang dilaksanakan secara online hingga proses interaksi melalui aplikasi pesan instan.

Salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan dan diminati oleh mahasiswa adalah Telegram. Telegram memiliki beberapa keunggulan dibanding beberapa aplikasi pesan instan lain serupa. Selain fitur grup chat yang dapat menampung hingga 200.000 pengguna, Telegram juga mengizinkan penggunaan bot dalam aplikasinya.

Bot sendiri merupakan salah satu fitur di aplikasi Telegram dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan tergantung dari jenis botnya. Di aplikasi Telegram ada beberapa bot yang memang dibuat dan digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran mulai dari pelajar SD, SMP, SMA hingga mahasiswa. Untuk kali ini, bot yang akan dibahas adalah bot yang khusus dibuat untuk mahasiswa agar mempermudah kehidupan perkuliahan kalian.

Berikut ini adalah beberapa bot yang berguna bagi mahasiswa yang wajib kalian coba dan gunakan setidaknya sekali seumur hidup!

1. Bot Chat Dosen

Dengan username @ChatdosenBot bot ini dibuat untuk kamu yang bingung ketika ingin mengirim chat ke dosen. Bot chat ini membantu kamu untuk merangkai kata untuk menghubungi dosen. Bot ini memunculkan kata-kata yang akan dikirim ke dosen sesuai dengan kebutuhan kita.

Kalian tinggal memasukkan format ke chatroom bot yang sudah tersedia berupa nama, kelas, mata kuliah, dan keterangan lain lalu bot akan langsung memunculkan pesannya. Setelah selesai, kamu bsa langsung mengirimkan template pesan tadi ke dosenmu.

2. Bot Pengubah File

Sebagai mahasiswa yang seringkali mendapat tugas dari dosen, kita pasti dituntut untuk mengubahnya menjadi beberapa jenis file. Bot kali ini memiliki fitur untuk mengubah file gambar, Word, Excel, Powerpoint, atau Teks ke format PDF. Bot Telegram @office2pdf_bot akan membantu kamu untuk mengubah file yang kamu inginkan. Sebelum tugas tersebut dikonversikan, kita diminta untuk membuat file aslinya ke bentuk PDF. Bot ini mampu mengkonversikan file-file seperti docs, xls, jpg, png, txt, ppt atau teks ke bentuk PDF dengan mudah.

3. Bot Gambar Menjadi Teks

Bot yang satu ini membantu banget nih buat mahasiswa yang biasanya tidak terlalu suka membawa banyak alat tulis seperti buku catatan dan pulpen. Cukup jepret, maka tulisan yang ada di foto dapat diubah menjadi teks dalam sekejap. Kalian bisa menemukan bot ini di telegram dengan username @bacakubot atau dengan nama OCR Bot- Bacakubot

4. Bot Ebook dan Jurnal

Untuk kamu yang sedang mengerjakan tugas dan butuh beberapa referensi, kamu bisa menggunaan bot Telegram Nexus Search untuk mencari beberapa ebook atau jurnal yang kemudian bisa di download secara gratis dalam bentuk pdf dan epub. Kalian bisa menemukan fitur bot ini dengan username @libgen_scihub_2_bot

5. Bot Kode QR

Buat mahasiswa yang biasa menggelar event perkuliahan, untuk menyebarkan informasi secara ringkas biasanya akan menggunakan qr code. Atau kalian yang biasanya mendapatkan tugas dengan menggunakan qr code, bot QRcoder bisa menjadi solusi. Bot ini mampu mengubah teks dan link (url) menjadi gambar berupa QR code yang nantinya bisa di scan melalui perangkat kalian. Bot ini bisa ditemukan dengan username @Qrcodegen_bot.

Itu tadi beberapa bot yang bisa membantu kegiatan perkuliahan kamu. Sebenarnya masih ada banyak bot yang berguna bagi mahasiswa. Namun beberapa bot yang sudah tercantum di atas adalah bot yang setidaknya mahasiswa bisa gunakan untuk kegiatan sentral dalam perkuliahan. Semoga membantu dan selamat mencoba!

 

Penulis : Risma Nadya

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *